Bagaimana Nasib Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20? Pengalaman 3 Negara Ini Jadi Contoh

Bagaimana Nasib Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20? Pengalaman 3 Negara Ini Jadi Contoh Skuad Indonesia U-20 (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Setelah FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, publik sepak bola Indonesia kini menantikan bagaimana nasib Timnas U-20.

Belum ada keterangan resmi dari FIFA apakah Timnas Indonesia U-20 bakal tetap berpartisipasi atau tidak di Piala Dunia U-20 2023.

Tetapi nasib Indonesia mungkin akan sama dengan tiga negara yang sebelumnya juga pernah merasakan kegagalan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baca Juga : Luis Milla Yakin Duel Persija vs Persib Akan Hibur Masyarakat Indonesia

Ketiga negara tersebut adalah Nigeria yang dua kali dicabut hak sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 1991 dan 1995. Lalu Yugoslavia pada 1993 dan Irak 2003. Selain hak tuan rumah dicabut, ketiga negara tersebut juga dicoret dari turnamen.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Pada tahun 1991, Nigeria gagal menggelarnya karena melakukan kecurangan di Piala Dunia U-20 edisi sebelumnya atau tahun 1989, setelah kedapatan memakai pemain di atas usia yang ditetapkan. Piala Dunia U-20 1991 kemudian dipindahkan ke Portugal.

Baca Juga : Waketum PSSI Menemui Para Pemain Indonesia U-20, Ini Yang Disampaikan

Kegagalan kedua dialami Nigeria saat akan menggelar Piala Dunia U-20 tahun 1995. Penyebabnya karena wabah meningitis di seluruh Nigeria hingga memaksa FIFA untuk memindahkan Piala Dunia U-20 1995 ke Qatar.

Sedangkan Yugoslavia kehilangan hak jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 edisi tahun 1993 akibat perang saudara yang berkecamuk di negara Balkan tersebut. FIFA kemudian memindahkan turnamen ke Australia.

Lalu Piala Dunia U-20 edisi tahun 2003 awalnya dimaksudkan digelar di Irak tetapi dipindahkan ke Uni Emirat Arab setelah pecahnya perang di Irak.

Baca Juga : Wakili Pemain di Sesi Jumpa Pers Persija vs Persib, Ini Yang Dikatakan Dedi Kusnandar

Diberitakan sebelumnya, FIFA memutuskan Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Kepastian itu disampaikan lewat pernyataan resmi FIFA pada Rabu malam, 29 Maret 2023, lewat rilis media yang diunggah di laman resmi FIFA pada pukul 22.00 WIB.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 2023," bunyi pernyataan FIFA pada Rabu 29 Maret 2023.

"Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya. FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022.".**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini