Penjelasan LIB Soal Jumlah Klub Yang Wakili Indonesia di Kompetisi Asia Musim 2023/2024

Penjelasan LIB Soal Jumlah Klub Yang Wakili Indonesia di Kompetisi Asia Musim 2023/2024 Ilustrasi Liga 1. (Adam Husein/Republikbobotoh.com)

REPUBLIK BOBOTOH - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memberikan penjelasan terkait jumlah klub Indonesia yang akan bermain di kompetisi Asia pada musim 2023/2024.

Berdasarkan keputusan AFC yang disampaikan kepada PSSI, ada tiga slot untuk wakil Indonesia pada turnamen antar klub se-Asia tersebut.

Rinciannya, ketiga slot tersebut akan tampil di play-off Liga Champions, babak penyisihan grup AFC Cup dan play-off AFC Cup.

Baca Juga : Transfer Liga 1: Beberapa Mantan Pemain Akan Kembali ke Persebaya Musim Depan, Siapa Saja?

PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di tiga slot yang sudah diinformasikan AFC,” jelas Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Nantinya, lanjut Ferry Paulus, klub yang akan tampil di babak play-off Liga Champions adalah pemenang dari play off juara kompetisi Liga 1 2021/2022 yaitu Bali United melawan PSM Makassar selaku juara musim ini.

Sementara tim yang kalah akan bermain di babak penyisihan grup AFC Cup.

“Tim yang kalah dari play off, statusnya langsung hadir di AFC Cup pada babak penyisihan grup,” tambahnya.

Sementara untuk wakil Indonesia di babak play off AFC Cup akan diberikan kepada runner up Liga 1 musim ini antara Persija dan Persib.

“Tidak ada lagi play-off untuk slot yang ketiga. PSSI sudah menentukannya secara langsung,” tegas Ferry.

Sementara itu, terkait penetapan kriteria wakil di tiap negara di kuota slot yang ditentukan, AFC telah memberikan kebebasan penuh kepada federasi yang bersangkutan.

Dalam hal ini, teknis pemilihan klub yang berhak mewakili satu negara, diserahkan pada masing-masing negara berdasarkan Entry Manual For AFC Club Competitions.

Baca Juga : Kata David Da Silva Usai Tertinggal Dua Gol dan Disalip Matheus Pato di Daftar Top Skor

Sekadar informasi, Thailand pun melakukan hal yang sama. Untuk kuota klub-klub di kompetisi Asia musim 2023/2024, mereka juga melakukan pertandingan play-off di internalnya.

“Jadi, dalam hal ini, apa yang sudah ditentukan PSSI ini sudah diketahui oleh AFC. Mereka tinggal menunggu hasil akhirnya nanti,” pungkas Ferry.

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini