Bobotoh Akan Ziarah Makam Sang Panglima Sekaligus Lanjutkan Tradisi Silaturahmi

Bobotoh Akan Ziarah Makam Sang Panglima Sekaligus Lanjutkan Tradisi Silaturahmi

REPUBLIKBOBOTOH - Demi menjaga tali silaturahmi sekaligus mengingat jasa mendiang Panglima Viking Persib Club, Bobotoh akan melakukan agenda tahunan dengan berziarah ke makam Ayi Beutik.

Rencananya ziarah makam yang dilakukan Bobotoh tersebut akan digelar pada Minggu, 30 April 2023 di Desa Mulya, Kecamatan Pamengpeuk.

Berbeda dengan agende sebelumnya, agenda ini dikemas sedikit berbeda. Pasalnya agenda ziarah makam mendiang Ayi Beutik ini masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri sehingga bisa menjadi sarana bagi para Bobotoh untuk melanjutkan tradisi bersilaturahmi.

"Sebetulnya ini sudah agenda tahunan, empat kali agenda ziarah, terus ngambil momen pas habis lebaran dimana bisa dimaknai campur dengan halal bi halal," ujar salah seorang koordinator dari Bobotoh Kabupaten Bandung Barat, Abah Bhotie kepada REPUBLIKBOBOTOH.COM pada Sabtu, 29 April 2023.

Baca Juga : Luis Milla Serahkan Daftar Belanja Pemain Persib, Netizen Curigai Kumpulkan Mantan Anak Asuh


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Bhotie menambahkan tujuan dari agenda ziarah makam yang akan digelar esok hari tersebut tak lepas dari bentuk mengenang jasa sekaligus tanda terima kasih dari para Bobotoh.

Pasalnya kata Bhotie, mendiang Ayi merupakan sosok orang berserjarah yang jasanya sangat dikenang. 

Tak hanya itu, pria dengan model rambut dreadlock itu menuturkan ziarah makam ini merupakah niat baik bagi para Bobotoh untuk memperkenalkan sosok bersejarah bagi suporter di Bandung.

Sehingga hal ini diharapkan, Bobotoh yang usianya masih muda bisa mengetahui bahwa ada sosok bapak atau panutan bagi para Bobotoh sejak lama.

"Nah biasanya lebih biar Bobotoh yang masih muda-muda pada sadar Bobotoh itu punya bapak, kakak, sang pendiri sejarah, orang bersejarah yang jangan sampai dilupakan, kalau tadi tujuannya apa ya ingin mengajak Bobotoh di bawah, menengah, dan atas ya jangan sampai ada sekat Mang Ayi atau sang panglima itu milik siapa,"

"Lebih ke global bahwa Panglima Viking itu milik Bobotoh, bapaknya Bobotoh, bapaknya semua, jadi siapapun berhak mendoakan, siapapun berhak membalikan jasa.

Baca Juga : PSSI Siapkan Bonus untuk Indonesia U-22 Bila Meraih Prestasi di SEA Games 2023, Tapi...

Mang Ayi kita tahu jasanya sangat besar, panglima VPC tapi sangat diterima oleh seluruh elemen suporter, maka dari itu untuk besok mengatasnamakan Bobotoh dengan niatan baik, Bobotoh anu baru atau masih muda biar tahu cara membalikan jasa itu gimana," tambahnya.

Acara yang digelar tiap tahun ini langsung mendapat atensi luar biasa dari sesama Bobotoh.

Kata Bhotie, sudah banyak komunikasi yang terjalin dari banyak Bobotoh dan Distrik VPC selama undangan untuk berziarah mulai disebar.

"Banyak, untuk sampai saat ini saya masih fokus ke Bandung Raya dulu, tadinya mah niatnya kecil kecilan tapi banyak nu komunikasi, Bobotoh, Distrik se-Bandung Raya, Kabupaten, ya responnya luar biasa," imbuhnya.

"Untuk besok abah sengaja mengajak para pentolan pentolan senior termasuk bagian dari para pendiri Viking sama para rekan sahabat almarhum panglima,”

Lebih lanjut ketika ditanya soal teknis keberangkatan, Bhotie mengatakan bahwa ada dua lokasi titik kumpul.

Nantinya Bobotoh yang hendak berziarah bisa lebih dulu berkumpul di titik kumpul terdekat sebelum berangkat ke makam mendiang Panglima Viking. 

"Nah ini siapapun berhak mendoakan Almarhum jadi ini dipermudah dengan Distrik di Bandung Kota, untuk besok keberangkatan ada di dua titik, titik pertama di Kabupaten, dan Bandung Kota di Gurame, nanti komando ada di Kelink selaku Dirijen Viking,"

"Karena ini musimnya musim hujan dan gak nentu jadi ditarik lebih awal ya ini mempertimbangkan yang jauh juga dikhawatirkan hujan, jadi ditarik lebih siang, jam 12." tutupnya.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini

Resmi! Persib Datangkan Adam Alis