Kompetisi Liga 1 2023-2024 Bakal Dipimpin Wasit asal Jepang

Kompetisi Liga 1 2023-2024 Bakal Dipimpin Wasit asal Jepang Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Presiden JFA, Tashima Kohzo. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Wasit asal Jepang dipastikan bakal dilibatkan memimpin pertandingan di kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Pelibatan wasit asal Jepang di kompetisi sepak bola Indonesia merupakan salah satu poin penting kerja sama yang disepakai PSSI dengan JFA.

Kerja sama di bidang perwasitan menjadi upaya nyata PSSI di bawah komando Erick Thohir untuk memperbaiki sepak bola Indonesia di semua lini. Apalagi musim depan, PSSI rencananya akan menggunakan teknologi VAR di kompetisi domestik.

"Kita akan menggunakan wasit Jepang. Kita sedang tunggu nama-namanya. Dengan jalan ini kita berusaha perwasitan kita akan semakin baik,” tegas Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dikutip dari laman PSSI, Senin 22 Mei 2023.

Baca Juga : Rafael Struick dan Ivar Jenner Resmi Jadi WNI tapi Belum Bisa Bela Timnas, Ini Penyebabnya


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Selain kerja sama soal wasit, PSSI dan JFA juga menyepakati kerja sama terkait pengembangan sepak bola putri dan manajemen Tim Nasional Sepak Bola.

Penandatangan MoU antara PSSI dan JFA tersebut dilaksanakan di Prince Takamado Memorial JFA YUME Field, Chiba, Jepang, Senin 22 Mei 2023.

Terkait pengembangan sepak bola putri, Jepang memiliki catatan prestasi yang baik dalam mengembangkan tim sepak bola putrinya, baik pada kelompok U–16, U-20 hingga senior, bahkan mampu menjadi juara dunia.

“Saya sudah meminta ada pelatih yang didatangkan dari Jepang, untuk bekerja sama dan bisa melatih di Indonesia,” ujar Erick.

Baca Juga : Dejan Antonic Bagikan Foto Bersama Bos Persib, Kode di Tengah Rumor Jadi Dirtek? Teddy Merespons

Sementara terkait kerja sama manajemen timnas, PSSI dan JFA bersepakat mendorong dilakukannya benchmarking. Tujuannya adalah mendapatkan masukan tentang bagaimana tim nasional sepak bola Indonesia dapat dikembangkan.

Benchmarking akan dilakukan antara liga-liga di Indonesia dengan liga yang diselenggarakan di Jepang, termasuk liga utama mereka, atau J-League.

"Ini adalah bagian pembangunan sepakbola Indonesia yang kita inginkan. Dengan liga yang berkualitas kita dapat menciptakan pemain dan tim nasional yang berkualitas juga," tuntas Erick.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini