Football Institute Curigai Adanya Kebocoran Soal dalam Tes Seleksi Wasit 2023

Football Institute Curigai Adanya Kebocoran Soal dalam Tes Seleksi Wasit 2023 Budi Setiawan founder football institute. (Ist)

REPUBLIK BOBOTOH - Melihat hasil Tes Wasit 2023, ada indikasi kebocoran soal tes LOTG.

Hal ini bisa dilihat ada wasit dan asisten wasit yang mendapatkan nilai sempurna yaitu sebesar 20.

Penilaian kelulusan seleksi wasit ada tiga variabel, yaitu tes LOTG (bobot 20%), nilai video test (bobot 20%) dan fitnes test (bobot 60%).

Baca Juga : PSSI, Polri, dan FIFA Temukan Indikasi Pengaturan Skor oleh Perangkat Pertandingan

"Ada wasit dan asisten wasit yang mendapatkan nilai tes teori LOTG sempurna 20. Namun nilai di video dibawahnya. Bahkan wasit dengan status fifa dan senior pun tidak ada yang mendapat nilai sempurna 20," ujar Budi Setiawan founder football institute.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Indikasi Kebocoran soal ini pun menjadi catatan tambahan tentang buruknya wajah wasit sepakbola indonesia.

"Selain indikasi kebocoran soal, banyak yang melaporkan kepada saya para wasit ini dimintakan sejumlah uang oleh oknum agar mendapatkan soal yang akan di tes. Informasi ini tentu saya tidak bisa telan bulat-bulat kebenarannya, namun ini akan menjadi referensi tambahan terhadap data-data yang kami miliki."

"Jika benar ada oknum yang membocorkan soal dan melakukan pungli, ini harus ditindak setegas-tegasnya. Hukuman seumur hidup bila perlu tidak boleh berkecimpung lagi di sepakbola untuk seluruh kewenangan PSSI dari pusat ke daerah’" demikian kata Budi.

Baca Juga : Senang dengan Progres Persib Bandung, Marc Klok Sebut Masih Banyak Tugas

"Jika benar kebocoran soal ini terjadi, wasit-wasit yang mendapatkan nilai sempurna ini di test ulang lagi saja, dengan soal yang berbeda. Agar terbukti bahwa mereka tidak mencontek atau mendapat soal atau kunci jawaban," tegas budi menutup pembicaraan.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Sirojul Muttaqien

Piksi

Berita Terkini