Indonesia Bantu Malaysia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024

Indonesia Bantu Malaysia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024 Selebrasi bek Timnas Indonesia U-23, Elkan Baggott setelah membobol gawang Taiwan U-23 dalam laga kualifikasi Piala Asia U-23 tahun 2023. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Turkmenistan dengan skor 2-0, tak hanya membuat skuad Garuda Muda memastikan lolos untuk pertama kalinya ke putaran final Piala Asia U-23.

Sebab kemenangan Indonesia, juga berpengaruh pada klasemen runner up terbaik, di mana hanya empat negara peringkat kedua dari semua grup yang berhak lolos.

Salah satunya adalah Malaysia yang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 sebagai runner up terbaik bersama Kuwait (runner up Grup F), Tajikistan (runner up Grup I), dan China (runner up Grup G).

Baca Juga : Striker Andalan Persikabo 1973 Terancam Absen saat Hadapi Persib, Ini Penyebabnya

Lolosnya Malaysia ke putaran final Piala Asia U-23 tahun 2024 di Qatar, memang tidak secara langsung ditentukan oleh kemenangan Indonesia atas Turkmenistan.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Tetapi kemenangan Indonesia atas Turkmenistan dengan skor 2-0 telah mengubur harapan negara pecahan Uni Soviet itu, karena tercecer dari 4 besar klasemen runner up terbaik.

Turkmenistan kalah selisih gol dari Malaysia (peringkat 4 klasemen runner up) dan Iran (peringkat 5 klasemen runner up), di mana Turkmenistan mencatat gol memasukan 4 dan kemasukan 2. Sedangkan Malaysia yang kalah 0-1 dari Thailand di laga terakhir H mencatat memasukan 4 gol dan kemasukan 1 gol.

Baca Juga : Selain Indonesia, Ini Daftar Negara yang Lolos ke Piala Asia U-23 2024, Malaysia Lolos karena Kartu Kuning

Selisih gol Malaysia dan Iran sebenarnya sama yakni 4-1, tetapi Harimau Malaya Muda unggul dari segi poin fair play yakni -4 dan Iran -9.

Tetapi mungkin akan beda ceritanya jika Pratama Arhan tidak mencetak gol kedua di penghujung laga dan Turkmenistan tidak mendapatkan satupun kartu kuning di laga kemarin malam.

Jika hanya kalah 0-1 dari Indonesia dan tidak ada pemainnya yang menerima kartu kuning, maka Turkmenistan yang lolos ke putaran final. Di laga kontra Indonesia sendiri, tiga pemain Turkmenistan mendapatkan kartu kuning.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini