Hari Jadi Persib Berubah, Teddy Tjahjono Bicara Soal Perubahan Logo

Hari Jadi Persib Berubah, Teddy Tjahjono Bicara Soal Perubahan Logo Persib Bandung secara resmi mengumumkan perubahan hari jadi dari 14 Maret 1933 ke 5 Januari 1919.. (Foto-foto Adam Husein/Republikbobotoh.com)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono menjelaskan terkait kemungkinan adanya perubahan logo Persib, setelah secara resmi mengumumkan perubahan hari jadi dari 14 Maret 1933 ke 5 Januari 1919.

Pengumuman tersebut dilakukan langsung oleh CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Glenn T. Sugita sesaat setelah menerima hasil riset dari Tim Peneliti Hari Jadi Persib yang diketuai Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Prof. Kunto Sofianto, Ph.D di Graha Persib, Minggu, 17 Desember 2023.

Narasi yang menyebutkan bahwa Persib (Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond/BIVB) merupakan salah satu dari tujuh perserikatan (bond) pendiri PSSI pada 19 April 1930 menjadi alasan lain timnya melakukan kajian ilmiah dan riset hari jadi ini.

Logikanya, tegas Prof. Kunto, sebagai salah satu pendiri PSSI, Persib harus lahir terlebih dulu dari yang dilahirkannya.

Baca Juga : Bukan Biru, Ternyata Ini Warna Jersey Persib Tempo Dulu, Bagaimana dengan Logo?


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Prof. Kunto juga menjelaskan, di antara lima titimangsa yang ditemukan oleh tim peneliti, tanggal 5 Januari 1919 merupakan hasil interpretasi yang paling logis karena didukung oleh fakta sejarah yang kuat (primer).

Di luar tanggal tersebut empat titimangsa lainnya adalah 11 Juli 1914, 19 Mei 1923, 22 Oktober 1928 dan 18 Maret 1934.

"Harapannya kan ini suatu penelitian yang sifatnya ilmiah ya pasti berdasarkan satu metodologi yang akurat, jadi ya sesuatu yang memang dibuktikan dengan benar dan menjawab rasa penansaran kita.

"Karena kita tahu sebelumnya hari lahir Persib 14 Maret 1933, padahal kita tahun bahwa Persib yang membidani hari lahir PSSI di 1930, jadi secara sederhana itu tidak mungkin karena yang membidani lahirnya belakangan.

"Akhirnya atas rasa penasaran tersebut pada saat prof Kunto menyampaikan penelitian ya kita dukung. Dan terbukti berdasarkan data data ilmiah yang ada hari jadi Persib 5 Januari 1919," jelas Teddy Tjahjono.

Bagaimana dengan logo Persib yang juga tertuliskan 1933, apakah akan ada perubahan? Teddy Tjahjono masih menunggu penelitian lanjutan terkait logo.

"Nanti kita lihat lagi, penelitian ini kan masih terus berlanjut, tadi prof Kunto sudah membocorkan sedikit kalau logo yang dari Pemkot.

"Awalnya warna merah hitam, warna biru belakangan 1957, jadi biarlah tim peneliti melakukan pekerjaannya setelah itu untuk kita menentukan langkah kita seperti apa. Pasti ini dari data dan fakta yang ada, berdasarkan hasil penelitian yang ada," ujarnya.

Baca Juga : BREAKING NEWS! Hari Jadi Persib Berubah, Ini Tanggal dan Tahun Kelahiran Terbaru Maung Bandung

Teddy Tjahjono, juga bisa memastikan apakah akan ada pergatian logo atau tidak, tergantung hasil penelitian nanti.

"Belum tahu, ditunggu aja. Tergantung hasil penelitian," ujarnya.

Setelah perubahan hari jadi Persib dipublikasikan pada Minggu, 17 Desember 2023, Teddy Tjahjono belum mengetahui bagaimana respons publik.

"Ini baru pertama kali kepada publik menskipun kita sudah melakukan FGD (Focus Group Discussion)

di bulan September dan itu sudah ada bocoran-bocoran di FGD. Tapi baru hari ini dikukuhkan dan pasti akan dilakukan proses komunikasi kepada publik untuk menginformasikan mengenai hari jadi ini," tuntasnya.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Adam Husein | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini