Bukan Biru, Ternyata Ini Warna Jersey Persib Tempo Dulu, Bagaimana dengan Logo?

Bukan Biru, Ternyata Ini Warna Jersey Persib Tempo Dulu, Bagaimana dengan Logo? Logo Persib. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Tim Peneliti dari Universitas Padjadjaran (Unpad) menemukan sejumlah fakta menarik terkait sejarah Persib Bandung, termasuk logo dan warna jersey tim pada zaman dahulu.

Seperti diketahui Tim Peneliti Unpad dalam risetnya menemukan fakta bahwa tanggal dan tahun kelahiran Persib bukanlah pada 14 Maret 1933, melainkan pada 5 Januari 1919.

Selain itu, berdasarkan hasil riset ilmiah dari Tim Peneliti Hari Jadi Persib yang diketuai Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad, Prof. Kunto Sofianto, Ph.D, ditemukan fakta Persib sempat menggunakan jersey berwarna merah dan hitam.

Baca Juga : Daftar Pemain Bali United dan Persib yang Absen di Laga Malam Ini

Terkait logo, Kunto Sofianto mengatakan, Persib sebelum tahun 1950-an tidak menggunakan logo yang spesifik. Tim peneliti menemukan fakta logo Persib hingga tahun 1957 pun kemungkinan belum memakai logo yang digunakan saat ini, karena masih ada pengaruh dari klub Eropa.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Sebetulnya sudah, cuman sekarang sedang disusun. Nanti ada histografis secara umum, ini kan baru hari jadi Persib dan logo dan jersey, kami juga sekarang 3-4 bulan ke depan akan menerbitkan sebuah buku yang lengkap dari lahir sampai kontemporer," kata Kunto, Minggu 17 Desember 2023.

"Seperti yang saya katakan tadi, zaman-zaman awal itu tidak pakai logo, Belanda juga tidak pakai logo, tahun 1957 baru, saya kira itu pengaruh dari global klub klub Eropa, kalau dulu gak ada, sederhana saja," ujarnya.

Baca Juga : Ini Dia Wasit yang Memimpin Laga Bali United vs Persib di Pekan 23 Liga 1 2023-2024

Sedangkan untuk warna jersey, kata Kunto, hasil riset menunjukkan warna biru baru digunakan Persib sekira tahun 1936. Meski begitu, Kunto menyadari yang namanya sejarah akan selalu bisa 'diluruskan' sebab bukan tidak mungkin ke depan ditemukan fakta baru terkait logo maupun warna jersey.

"Itu Bandung Inlandsch Voetbal Bond itu pertama dikatakan merah dan hitam, lalu ada warna lain hitam dan putih, celananya putih, mulai 36 itu bulao (biru). Itu penelitiannya sangat berat, kami tim sejarah sudah terbiasa lah mengotak atik arsip," tuntasnya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini