Shin Tae-yong Jelaskan Soal 26 Nama Pemain di Piala Asia 2023

Shin Tae-yong Jelaskan Soal 26 Nama Pemain di Piala Asia 2023 Timnas Indonesia. (PSSI)

REPUBLIKBOBOTOH.OM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan penjelasan terkait 26 pemain yang didaftarkan untuk Piala Asia 2023.

Dia menyatakan bahwa Arkhan Fikri dan Adam Alis Setyano tetap dibawa ke Qatar. Hal ini karena Shin Tae-yong akan mengumumkan 26 nama pemain saat tanggal 10 Januari mendatang.

Seperti diketahui, saat ini skuad Garuda berkekuatan 28 pemain pada pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, sejak 23 Desember 2023. Mereka dimainkan oleh Shin Tae-yong saat uji coba kontra Libya, Selasa (2/1).

"Memang sudah dirilis 26 pemain (oleh AFC), tetapi 28 yang akan dibawa ke Doha," kata Shin Tae-yong seperti disadur melului laman resmi PSSI.

Baca Juga : Persib Bandung Rilis Jersey Special Edition 105 Seharga Rp1.050.000


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Namun, peluang Arkhan Fikri dan Adam Alis untuk bermain di Piala Asia 2023 belum sepenuhnya tertutup. Shin Tae-yong menjelaskan, tim peserta masih bisa mengubah daftar pemain enam jam sebelum laga pertama, asalkan pemain tersebut masuk dalam entry by name.

"Jadi kepastiannya akan ditentukan tanggal 10 Januari, setelah lawan Iran. Karena secara regulasi, enam jam sebelum pertandingan dimulai, bisa diganti pemain-pemain juga," tambahnya.

Bahkan awalnya, setiap tim peserta Piala Asia 2023 hanya bisa mendaftarkan 23 pemain ke AFC. Namun, konfederasi sepak bola Asia itu memutuskan untuk mengubah aturan.

AFC mengubah aturan tersebut setelah menerima usulan dari para pelatih usai gelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam ajang sepak bola terakbar itu, setiap tim bisa mendaftarkan 26 pemainnya.

Pernyataan itu sesuai yang dijelaskan melalui pasal 26 poin 6 di regulasi kompetisi AFC. Di situ dijelaskan bahwa pemain pengganti bisa tampil asalkan sebelumnya sudah mendapatkan akreditasi atau pengesahan dari AFC.

Sebelum bertolak ke Qatar, Timnas Indonesia masih akan melakoni satu kali uji coba kontra Libya, Jumat (5/1). Setelah uji coba tersebut, skuad Garuda bertolak ke Qatar.

Baca Juga : Persib Sudah Ajukan Si Jalak Harupat Jadi Homebase di Sisa Laga Liga 1 2023/2024

Setelah di Qatar, masih ada satu agenda uji coba Skuad Garuda, yakni melawan Iran pada 9 Januari. Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam. Irak jadi lawan pertama Asnawi Mangkualam Bahar dkk pada 15 Januari, kemudian bertemu Vietnam (19/1) dan terakhir menghadapi Jepang (24/1).

TONTON VIDEONYA

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini