LIB Pastikan Penggunaan VAR Sudah Dilakukan di Liga 1 pada Mei 2024

LIB Pastikan Penggunaan VAR Sudah Dilakukan di Liga 1 pada Mei 2024 Gambara VAR Room yang nantinya akan diterapkan di kompetisi Liga 1. (PSSI)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Kompetisi Liga 1 2023/2024 pada seri championship 4-26 Mei, dipastikan sudah mulai mengaplikasikan Video Assistent Referee (VAR).

VAR awalnya direncanakan bisa digunakan di Liga 1 2023/2024 pada Februari 2024. Namun, rencana itu harus ditunda.

Sebab, kesiapan terutama dari sisi SDM masih harus terus dimatangkan untuk bisa mengaplikasikan VAR dengan baik.

Kini PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator Liga 1 dan PSSI melakukan uji coba penerapan Video Assistent Referee (VAR) tahap ketiga di Lapangan JSI, Resort, Megamendung, Bogor, pada Sabtu (17/2/2024).

Baca Juga : TERPOPULER: Laga Barito vs Persib Tanpa Penonton, Persib tak Merasa Diuntungkan hingga Bojan Hodak Puas


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Selanjutnya, PSSI akan menyosialisasikan VAR kepada pemain, pelatih, ofisial dan tim peserta Liga 1 2023/2024.

VAR checking adalah prosedur wasit dalam memeriksa kembali insiden di lapangan hijau.

Hal itu meliputi pengambilan keputusan gol sah atau tidak sah, pengecekan penalti atau tidak penalti, kemungkinan pelanggaran berpotensi kartu kuning atau kartu merah, dan kesalahan pengidentifikasian oleh wasit utama atau hakim garis.

Wakil ketua umum PSSI, Ratu Tisha Destria, menyatakan VAR bisa digunakan ketika BRI Liga 1 2023/2024 memasuki fase Championship Series.

Fase Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 dijadwalkan akan dilakukan mulai 4 Mei mendatang. Saat itu, VAR sudah harus siap.

Baca Juga : RESMI, Ini Venue Laga Barito Putera vs Persib di Pekan ke-25 Liga 1 2023/24

"Championship Series, iya," ujar Ratu Tisha di lokasi pelatihan penerapan VAR di Lapangan JSI Resort Megamendung, Bogor, Sabtu (17/2/2024), seperti dikutip dari Bola.com.

Ratu Tisha menyebut pihaknya bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga akan melakukan trial pada pertandingan resmi dalam waktu dekat ini untuk menguji kesiapan VAR.

Kompetisi usia muda Elite Pro Academy (EPA) dan Liga 3 level nasional bisa disasar untuk ajang uji coba penggunaan VAR.

"Bahkan sebelum official launch, kami akan lakukan dua trial lagi. Sehingga ini harus benar-benar baik," ujar Tisha.

Lebih lanjut, Ratu Tisha menjelaskan saat ini progres pelatihan VAR di Indonesia sudah memasuki fase ketiga. Pada fase tersebut, ada 13 wasit dan 22 asisten yang lolos pada tes tahap sebelumnya.

Baca Juga : Kakang Rudianto Khawatir dengan Posisi Persib di Klasemen Liga 1 2023-2024

"Untuk saat ini di VAR yang ready dan lolos sampai ke tahap selanjutnya, yaitu stage 3, sebanyak 13 orang, untuk 13 wasit plus 22 asisten," jelasnya.

Mereka nantinya akan terus diasah kemampuannya dan bisa benar-benar siap menerapkan VAR di BRI Liga 1 dan kompetisi yang lain di Indonesia.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini