Tidak Ada Aturan Gol Tandang di Babak Championship Series Liga 1 2023-2024, Ini Penjelasannya

Tidak Ada Aturan Gol Tandang di Babak Championship Series Liga 1 2023-2024, Ini Penjelasannya Ilustrasi logo Liga 1. (Ligaindonesiabaru.com)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 akan segera memasuki fase akhir, di mana empat klub terbaik di babak reguler series akan bertarung di Championship Series.

Tiga tim sudah memastikan lolos ke Championship Series yakni Borneo FC Samarinda, Persib Bandung dan Bali United FC. Sedangkan tiket terakhir masih diperebutkan oleh Madura United, PSIS Semarang dan Dewa United.

Persib yang dipastikan finish di posisi runner up atau kedua klasemen babak reguler series Liga 1 2023-2024 pada laga semifinal akan berhadapan dengan peringkat ketiga Bali United. Sedangkan Borneo FC masih menunggu tim peringkat keempat yang akan jadi lawan mereka di semifinal Championship Series.

Baca Juga : Nick Kuipers Tertangkap Kamera Sempat Kesal dan Marahi Beckham Putra, Bobotoh Tulis Pesan Bijak

Berdasarkan draf jadwal yang beredar, babak championship series Liga 1 2023-2024 rencananya akan digelar pada 5 dan 11 Mei 2024 untuk laga semifinal serta 19 dan 25 Mei 2024 untuk laga final dan perebutan tempat ketiga.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Namun begitu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) hingga saat ini, belum secara resmi merilis jadwal pelaksanaan pertandingan di babak Championship Series Liga 1 2023-2024.

Seluruh pertandingan di babak Championship Series Liga 1 2023-2024 akan digelar dua leg atau home and away. PT LIB sendiri dalam Regulasi Liga 1 2023-2024, sudah menetapkan tidak ada aturan gol tandang di babak Championship Series.

Baca Juga : Dulu Dihujat Gara-gara tidak Sahkan Gol Persib, Kini Wasit Laga Timnas Indonesia U-23 vs Korsel U-23 Diapresiasi Netizen

Artinya jika secara aggregat pertandingan semifinal, perebutan tempat ketiga dan final berakhir imbang, maka pemenangnya akan ditentukan lewat adu tendangan penalti.

Berikut penjelasan terkait Regulasi Teknis di babak Championship Series Liga 1 2023-2024

Pasal 11A tentang Durasi Pertandingan Championship Series Poin 3

Aturan gol tandang tidak diberlakukan pada championship series dimana jika dua tim yang bertanding pada championship series mencetak skor akhir yang sama setelah di 2 pertandingan (mis. 1-1, 2-2, dan seterusnya), maka dilanjutkan dengan babak extra time. Jika tidak gol tercipta di babak extra time dan/atau skor akhir pertandingan masih sama, maka pertandingan dilanjutkan dengan extra time dengan durasi pertandingan diatur dalam pasal (12).

Pasal 12 tentang Extra Time

Apabila sebagaimana diatur dalam regulasi, terdapat pertandingan yang memerlukan extra time, maka durasi extra time berlangsung selama 30 menit yang terbagi atas 2 babak masing-masing berlangsung 15 menit dengan interval waktu jeda selama 5 menit dihitung dari peluit akhir babak kedua serta tidak ada interval waktu jeda antara babak pertama dan babak kedua extra time.

Pasal 12 Tendangan dari Titik Penalti

Apabila pada championship series hingga setelah extra time pada pertemuan kedua (leg-2) berakhir hasil pertandingan masih imbang, untuk menentukan pemenang dilakukan melalui tendangan dari titik penalti dengan mengikuti ketentuan yang diatur dalam Laws of the Game 2023/24.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini