Punya Banyak Potensi, Arfi Sebut Persib Perlu Perhatian Khusus dari Pemkot Bandung

Punya Banyak Potensi, Arfi Sebut Persib Perlu Perhatian Khusus dari Pemkot Bandung Arfi Rafnialdi saat nonton bareng (nobar) bersama masyarakat RW 9, Kebon Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Sabtu malam. (Ist)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Bakal Calon Wali Kota (Bacawalkot) Bandung, Arfi Rafnialdi menilai, prestasi klub sepakbola Persib Bandung yang selalu stabil berada di papan atas klasemen Liga 1 2023/2024 bisa menjadi bukti Kota Bandung jadi salah satu barometer sepakbola Indonesia.

Seperti yang terjadi pada Sabtu (18/5/2024) malam, Persib Bandung yang menjadi runner up Liga 1 musim ini, memastikan langkahnya di Final Championship Series Liga 1 setelah membungkam Bali United 3-0 (4-1) di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

"Alhamdulillah warga Bandung bisa tidur nyeyak dan berbahagia karena Persib menang, masuk final, dan kita pahami bahwa bahagia itu sederhana. Dari kemenangan tim sepakbola kesayangan bisa membuat bahagia apalagi menang dan jadi juara itu menjadi tradisi Persib dan Bandung ini bisa menjadi barometer sepakbola Indonesia," kata Arfi saat ditemui seusai nonton bareng (nobar) bersama masyarakat RW 9, Kebon Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Sabtu malam.

Baca Juga : Pelatih Persib Bojan Hodak: Saya Tidak Pernah Kalah dari Bali United

Untuk menjaga konsistensi prestasi Persib Bandung, perlu ada kolaborasi antara Pemerintah daerah, instansi negara serta swasta untuk memperbanyak infrastruktur penunjang iklim sepakbola.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Salah satunya adalah penyediaan lapangan untuk mengasah talenta talenta sepakbola sejak usia dini.

"Dalam rangka membuat juara jadi kebiasaan dan tradisi, harus ada program terstruktur, bukan hanya sekadar bicara. Misalnya, berapa banyak lapangan sepakbola full size di Kota Bandung sehingga anak dan remaja bisa berkompetisi pada lapangan yang sebenarnya," kata Arfi.

"Mereka akan jadi bibit bisa masuk seleksi, bisa ikut kompetisi, bisa masuk training camp. Disini butuh support dari pemerintah dan swasta. Di Bandung banyak fasilitas TNI yang punya lapangan yang bisa dipakai juga untuk fasilitas latihan," sambungnya.

Arfi juga menilai, Persib Bandung sebagai ikon Kota Kembang juga perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah. Hingga saat ini, proses kerjasama pengelolaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai markas utama 'Maung Bandung' belum juga terealisasi.

Bahkan, Persib sempat dirundung warganet lantaran tak punya training camp standar internasional. Padahal, Persib merupakan salah satu klub dengan kondisi keuangan paling sehat di Indonesia.

Jika dikelola dengan baik oleh Persib, kata Arfi, Stadion GBLA bisa menjadi destinasi wisata baru di Bandung. Ia mengibaratkan GBLA bisa seperti Stadion Anfield Liverpool, Camp Nou Barcelona, Santiago Bernabeu Real Madrid, Old Trafford Manchester United, atau San Siro Milan.

Baca Juga : Lawan Persib di Final Pilih Borneo FC atau Madura United? Ini Jawaban Bojan Hodak

"Orang bisa datang, ada tour guide, duduk di stadionnya, membeli kaos, membeli memorabilia, merchandise, itu bisa menjadi potensi jika GBLA ke depan jadi home groundnya Persib. Tapi sepertinya memang ada poin yang sedang dinegosiasikan, jadi potensi itu ada," paparnya.

Selain itu, Arfi juga berpendapat sudah saatnya Kota Bandung punya sekolah khusus atlet untuk menyalurkan bakat muda di Kota Bandung.

"Siapa tahu ke depannya Kota Bandung bisa bekerjasama dengan Provinsi Jawa Barat untuk membuat sekolah khusus atlet seperti sekolah atlet Ragunan. Sekarang kelihatannya para orangtua melihat menjadi pemain sepakbola atau atlet adalah karir yang menjanjikan," tuntasnya.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini