Rezaldi Diceramahi Bobotoh Soal Pro Kontra Kuota 8 Pemain Asing di Liga 1 Musim Depan

Rezaldi Diceramahi Bobotoh Soal Pro Kontra Kuota 8 Pemain Asing di Liga 1 Musim Depan #IniSepakbolaIndonesia?

RBCOM - Banyak yang beropini soal kebijakan kuota 8 pemain asing yang akan diterapkan pada kompetisi Liga 2024/2025.

Rencana menggunakan kuota 8 pemain asing di kompetisi Liga 1 musim depan dikhawatirkan akan menggerus potensi pemain-pemain lokal alias akan membuat pemain lokal hanya menghuni bangku cadangan.

Di kalangan pemain pun, banyak mempertanyakan kebijakan tersebut. Hal itu, ditunjukkan dengan ramainya para pemain Liga 1 yang mengunggah pesan di akun media sosial masing-masing melalui tagar #IniSepakbolaIndonesia?

Salah satunya dilakukan pemain Persib, Muhammad Rezaldi Hehanussa yang membuat unggahan dengan kata-kata "Pertanyaan untuk kita semua, apakah ini kompetisi sepakbola indonesia?".

Baca Juga : Ini Rencana Rezaldi Hehanussa Usai Bawa Persib Juara


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Unggahan tersebut mendapatkan reaksi dari netizen yang rata-rata adalah pendukung Persib.

Seperti ditulis pemilik akun @alexsandriamong. "Kalau tidak mau tersaingi mending Maen di liga2,3," tulisnya.

Lalu, pemilik akun @rfnahmdd_ juga mengomentari apa yang dipertanyakan Rezaldi dalam psotingannya itu.

"Harusnya setiap pemain bisa menerima regulasi +8 kuota asing, kalo emang pemain lokal tsb ngerasa panteas main diliga 1, jangan pernah merasa tersingkirkan, jadikan acuan dan motivasi untuk bersaing secara sehat, tingkatkan kualitas permainan, kalo pemain lokal ngeluh mulu, kapan mau majunya liga," tulisnya.

Komentar lainnya datang dari @areabobotoh_. "Seharusnya dengan regulasi penambahan 2 pemain asing, para pemain lokal pada sadar diri harus naikin kualitasnya. Andaikan dikasih 1 atau 5 menit bermain ya tunjukkan kualitas kalian bahwa kalian layak bermain bukannya koar koar kayak gini, takut bersaing atau apa sih?," tulisnya.

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Memang tak sedikit pemain yang malah mendukung kebijakan kuota 8 pemain asing pada musim depan.

Zulkifli Syukur, misalnya. Eks pemain timnas yang lama berkostum PSM Makassar itu justru berpendapat bahwa kebijakan itu menjadi tantangan buat pemain lokal. Prinsipnya, pemain lokal harus berani bersaing dengan pemain asing.

"Adanya rumor mengenai penambahan jumlah pemain asing untuk musim depan saya pikir ini adalah sebuah tantangan buat seluruh pemain lokal untuk membuktikan kualitasnya, selain itu kualitas kompetisi kita juga akan ikut terdongkrak. Tetapi harus selektif juga dalam merekrut pemain asing. Karena ujung dari perencanaan ini akan berdampak besar bagi timnas kita," kata Zulkifli Syukur di akun media sosialnya.

Pendapat yang mampir ama juga diucapkan Diego Michiels, kapten Borneo FC. Secara terang-terangan, dia juga menilai bahwa kebijakan 8 pemain asing itu akan menguntungkan buat kualitas kompetisi.

“Mohon maaf kawan-kawan di Liga 1 semua, tapi saya setuju kalau ditambah kuota pemain asing. Demi kualitas liga naik, demi kualitas di latihan naik. Demi kualitas kita diri sendiri naik. Demi mental naik FC,” kata Diego di akun media sosialnya.

Baca Juga : Ini Komentar Bojan Hodak Soal Regulasi 8 Pemain Asing di Liga 1 Musim Depan

Bahkan pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak juga turut berkomentar terkait itu. Ia berpendapat bahwa penambahan kuota pemain asing akan berdampak positif pada kualitas kompetisi.

“Pada waktu yang bersamaan, penambahan dua pemain asing itu justru akan menambah kualitas dari Liga Indonesia,” tutur Bojan Hodak.

“Jadi pemain lokal harus mampu lebih bagus untuk menjadi sebelas pemain pertama, artinya mereka juga akan meningkatkan standarnya. Tentu ini juga akan bagus untuk tim nasional, jadi bagi saya liga ini akan lebih kuat yang mana ini bagus," kata Bojan Hodak.***

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini