REPUBLIK BOBOTOH - Klub yang terlibat di turnamen pramusim Piala Menpora 2021 resmi berkurang setelah Persipura Jayapura memutuskan mundur.

Keputusan itu disampaikan Persipura lewat surat yang dikirim kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) tertanggal 24 Februari 2021 setelah sebelumnya menanyakan sejumlah hal terkait penyelenggaraan Piala Menpora 2021.

Dikutip dari laman PSSI, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menjelaskan, Persipura meminta informasi beberapa hal yang akan dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan keikutsertaan pada Piala Menpora 2021.

Pertama menanyakan terkait grouping dan penempatan peserta yang dilakukan dengan metode atau cara seperti apa. Kemudian, kedua pencatuman nominal hadiah bagi juara sebagai dasar keterbukaan.

Salah satu yang memberatkan tim berjuluk Mutiara Hitam itu adalah ongkos perjalanan dari Jayapura ke kota penyelenggara yang memberatkan mereka.

BACA JUGA : Robert Alberts: Persib bukan Real Madrid!

Persipura kemudian meminta agar subsidi atau bantuan biaya transportasi yang mereka terima 'berbeda' dari tim lain. Untuk diketahui panitia memberian bantuan biaya transportasi sebesar Rp 100 juta untuk setiap klub peserta.

Opsi lain yang ditawarakn Persipura jika panitia tidak mau menambah subsidi untuk biaya perjalanan, Mutiara Hitam mengusulkan agar panitia membelikan tiket pesawat plus biaya bagasi pesawat.

"Bantuan biaya transportasi sebesar Rp 100.000.000 sangat jauh dari nilai yang akan kami keluarkan sebagai biaya transportasi. Kami pergi dan pulang lokasi home Piala Menpora 2021, biaya yang kami keluarkan untuk perjalanan pergi pulang berkisar Rp 320.000.000. Untuk itu, terkait bantuan transportasi kami menawarkan 2 opsi kepada OC, yaitu memenuhi kebutuhan biaya tersebut (Rp 320.000.000) atau membelikan tiket serta membayar bagasi kami," bunyi surat Persipura pada poin ketiga.

Menindaklanjuti surat tersebut, pada 1 Maret 2021, OC memberikan jawaban pada surat yang bernomor 006/LIB-COR/III/2021 dan menjelaskan bahwa biaya transportasi yang akan diterima akan Persipura ditambah menjadi Rp 150.000.000.

BACA JUGA : Persik Kediri Rekrut Mantan Bek Persib Bandung

"Ada pun pertimbangan biaya tersebut disesuaikan dengan memperhatikan faktor geografis klub serta kondisi keuangan panitia pelaksana," bunyi surat resmi OC pada tanggal tersebut.

Pada 8 Maret 2021, OC Piala Menpora menggelar manajer meeting tanpa kehadiran wakil dari Persipura dan tetap melakukan drawing. Untuk agenda drawing tetap mencamtumkan Persipura dengan maksud agar dengan Persipura mengubah keputusan dan hadir di perhelatan Piala Menpora 2021.

Setelah itu, pada 9 Maret 2021, OC berkirim surat ke Persipura dengan nomor 041 /LIB-COR/III/2021 tentang permohonan maaf dan harapan keikutsertaan Persipura dalam turnamen Piala Menpora 2021.

Dalam surat tersebut dijelaskan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Persipura perihal keterlambatan OC dalam memberikan jawaban kepada klub. Hal ini bukan kesengajaan, melainkan OC secara internal membutuhkan koordinasi terkait kebijakan yang perlu diambil dalam menentukan langkah terkait permohonan dari Persipura. (Republik Bobotoh)