REPUBLIK BOBOTOH - DPR RI secara resmi mengetok palu menyetujui permohonan naturalisasi dua pemain naturalisasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh dalam Rapat Paripurna kelima masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 pada Selasa 20 September 2022.

Dikutip dari website PSSI, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan, proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh akan berlanjut ke tahap berikutnya yakni menunggu Surat Keputusan Presiden sebelum mengambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

"Sesuai dengan pembahasan Komisi III dan Komisi X memutuskan menyetujui pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh," kata Lodewijk Freidrich Paulus, Selasa 20 September 2022.

Baca Juga : Kabar Persib Hari Ini: 3 Pemain Absen dalam Latihan di GBLA

Jordi Amat merupakan pemain naturalisasi yang memiliki darah keturunan Indonesia dan Spanyol, yang saat ini dia bermain di klub papan atas Liga Super Malaysia, Johor Darul Ta’zim (JDT).

Sedangkan, Sandy Walsh memiliki garis keturunan Indonesia dan Belanda yang saat ini bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Belgia, KV Mechelen.

Sementara, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada DPR RI dan Pemerintah Indonesia yang telah mendukung proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Baca Juga : Hari Ini Jadi Hari Spesial untuk Daisuke Sato, Ungkap Harapannya di Laga Besar Persib vs Persija

"Alhamdulillah proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal beberapa langkah lagi. Terima kasih untuk DPR RI, Komisi III, Komisi X, Kemenkumham, Kemenpora, yang sudah membantu proses hingga saat ini," kata Iriawan.

"Jordi dan Sandy merupakan pemain yang sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Kami yakin mereka akan menambah kekuatan timnas Indonesia," tambah mantan Kapolda Jawa Barat yang akrab disapa Iwan Bule itu.**