REPUBLIK BOBOTOH - Persib kembali menunjukkan komitmennya untuk selalu berbagi keceriaan dengan anak-anak, termasuk yang berkebutuhan khusus. Jika sebelumnya dilakukan dengan bermain sepak bola bersama dalam kampanye "LapanganUntukBerbagi", kali ini Persib mengajak anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) nonton bareng (nobar) film "Tegar".

Film besutan rumah produksi film Bandung Aksa Bumi Langit ini akan diputar pada event "Special Screening" di Ciwalk XXI, Bandung, pada hari ini, Jumat 28 Oktober 2022, mulai pukul 14.00 WIB. Bersama anak-anak berkebutuhan khusus, Persib juga mengajak pemain dan maskot Prabu untuk nobar film yang disutradarai oleh Anggi Frisca ini.

Persib berharap, kolaborasi dengan Aksa Bumi Langit melalui film "Tegar" ini dapat memberikan keceriaan, harapan, dan rasa percaya diri pada anak-anak berkebutuhan khusus dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

"Dengan begitu, meskipun memiliki keterbatasan, mereka memiliki daya juang dan mentalitas yang kuat untuk meraih cita-citanya di masa depan," ujar Head of Communications PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Adhi Pratama.

Baca Juga : Rencanakan Laga Uji Coba, Siapa Yang Akan Dihadapi Persib? Ini Kata Staf Pelatih

“Dengan mengajak serta melibatkan seluruh bobotoh dan stakeholder, kolaborasi Persib pada film “Tegar” tersebut adalah salah satu contoh konkret sebuah komitmen dan kepedulian Persib terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. Apalagi, melalui kegiatan positif ini, semua pihak bisa saling bersinergi sesuai dengan filosofi #MenangBersama,” tambah Adhi.

Sebelumnya, melalui berbagai program corporate seperti "Sampurasun" dan Sauyunan, Persib telah menggelar beberapa kegiatan sosial seperti kampanye #LapanganUntukBerbagi melawan stigma masyarakat terhadap gender, disabilitas dan inklusi sosial melalui aktivitas bermain sepak bola.

Komitmen dan spirit Persib terhadap dunia inklusi sejalan dengan misi pembuatan film "Tegar" ini. Anggi Frisca, sebagai sutradara, ingin menjadikan film ini sebagai laboratorium mimpi bersama bagi pihak-pihak yang mendukung terwujudnya ruang untuk masyarakat inklusi di Indonesia maupun dunia.

Founder Aksa Bumi Langit yang juga merupakan Sutradara film Tegar, Anggi Frisca juga mengatakan bahwa kolaborasi bersama PERSIB adalah salah satu cara untuk membuka dan memperluas perwujudan inklusi dalam berbagai aspek. “Melalui kolaborasi ini, kita dapat belajar untuk bersama-sama menyebarkan mimpi dan harapan seluruh anak-anak untuk mewujudkan mimpi yang paling sederhana," jelas Anggi.

Baca Juga : Dipimpin Carlos, Persib Kembali Gelar Latihan Online Hari Ini

"Film Tegar ini merupakan film keluarga yang menceritakan tentang seorang anak yang memiliki kebutuhan khusus difabel, dia mempunyai mimpi sederhana sebenarnya, Tegar punya mimpi sederhana dan pengen punya teman. Film ini juga mengangkat suport sistem sebenarnya jadi tema besarnya leave no one behind untuk inklusi," ujar Anggi.

Keterlibatan banyak pihak menjadi hal yang penting karena ideologi yang diusung dari film ini adalah salah satu kampanye Sustainable Development Goals (SDGs) yang bertajuk Leave No One Behind. Hal ini bermakna memberi ruang untuk kesetaraan, berekspresi, mengesampingkan perbedaan dan berfokus pada pertumbuhan yang dapat dilakukan.

Pemain Persib, Abdul Aziz dan Zalnando berharap hadirnya film ini dapat membangkitkan motivasi banyak pihak, meski dalam kondisi terbatas. "Harapannya semoga film ini bisa menginspirasi semua anak-anak di Indonesia biar lebih semangat lagi untuk menggapai mimpi mimpinya," kata Zalnando.

"Semoga perfilman di Indonesia semakin maju tentunya," ujar Abdul Aziz.

Untuk belajar memaknai inklusi sebagai tema film "Tegar", rumah produksi film Bandung Aksa Bumi Langit mengajak dan melibatkan penyandang disabilitas. Tidak hanya menjadi peran penyerta, tetapi berupaya lewat pelibatan penuh.

Baca Juga : Gelandang Persib Masuk Radar Klub Malaysia?

Sebanyak 10 persen cast and crew merupakan difabel yang berperan besar dalam proses produksinya. Contohnya Anton JC yang berperan sebagai pemain pendukung, almarhum Dzoel sebagai kru still-photography, Wawa Gunawan sebagai tim artistik, Ibe Ibrahim sebagai BTS Crew dan Yuktiasih Proborini sebagai konsultan pengembangan naskah.

Film "Tegar" rencana akan diputar di bioskop-bioskop Indonesia pada tanggal 24 November 2022 mendatang. Promo aktivasi untuk perkenalan akan dilakukan di periode bulan Oktober 2022 hingga rilis di bioskop.

Promo ini akan dilakukan dalam pemutaran khusus (spesial screening) yang ditargetkan di 11 kota serta aktivasi nonton bareng di 200 titik di Indonesia pada pengujung Oktober hingga November 2022 mendatang.

Dalam pelaksanaannya, kampanye dengan tema membangun masyarakat inklusif memanggil banyak dukungan dari volunteer dari berbagai daerah di Indonesia. Gerakan #TemanTegar untuk mengajak nonton bareng film ini dengan melibatkan beberapa pihak seperti sekolah, komunitas, institusi swasta dan pemerintah pun membahana.

#TemanTegar sendiri termasuk dalam gerakan utama yang digaungkan bersamaan dengan rilisnya film ini. Adanya gerakan ini menyuarakan semangat bersama membangun Indonesia Inklusi, dengan harapan membuka lebih banyak ruang bagi masyarakat Inklusi di Indonesia untuk berekspresi dan berdaya bersama lewat sebuah film.**