REPUBLIK BOBOTOH - Laga final Piala AFF 2022 mempertemukan Vietnam versus Thailand yang leg pertamanya akan digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat 13 Januari 2023.

Ini adalah pertemuan kedua Vietnam vs Thailand di pertandingan puncak turnamen sepak bola paling bergengsi di kawasan ASEAN itu.

Pertemuan pertama Vietnam vs Thailand di final Piala AFF terjadi pada edisi tahun 2008 yang dimenangkan pasukan Vietnam dengan skor agregat 3-2.

Baca Juga : Teja Paku Alam Clean Sheet di Laga Persib vs Persija, Begini Kata Luizinho Passos

Itu adalah keberhasilan pertama Vietnam meraih gelar juara Piala AFF, yang kemudian kembali mereka raih selang 10 tahun kemudian di Piala AFF 2018 setelah mengandaskan Malaysia dengan skor aggregat 3-2.

Laga final Piala AFF 2022 Vietnam vs Thailand bisa dibilang sebagai final ideal melihat kualitas kedua tim.

Vietnam belum terkalahkan sejak fase grup hingga duel kontra Indonesia di babak semifinal. Mereka juga bahkan belum pernah kebobolan dan memasukkan 14 gol.

Baca Juga : Ciro Alves Berstatus Terancam Skorsing setelah Bawa Persib Bekuk Persija

Di lain sisi Thailand menjadi ancaman nyata untuk Vietnam karena pasukan Gajah Perang sejauh ini jadi tim tersubur dengan mencetak 16 gol.

Pertandingan final Piala AFF 2022 Vietnam vs Thailand rencananya akan disiarkan langsung iNews TV dan streaming di platform RCTI Plus pada Jumat 13 Januari 2023, pukul 19.30 WIB.**