Piala Menpora Digelar Tanpa Penonton dan Live TV, Berikut Detail Penyelenggaraannya

Piala Menpora Digelar Tanpa Penonton dan Live TV, Berikut Detail Penyelenggaraannya Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (Humas Pemkot Bandung)

REPUBLIK BOBOTOH - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memastikan seluruh stadion yang digunakan untuk pertandingan turnamen Piala Menpora 2021 steril dari penonton.

Pandemi Covid-19 tentunya jadi alasan terkuat yang membuat pertandingan Piala Menpora 2021 digelar tanpa penonton sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus corona.

Demikian disampaikan Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita selepas pertemuan dengan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa 2 Maret 2021.

BACA JUGA: Ini Bocoran Kriteria Pemain Asing yang Bakal Didatangkan Persib

"Tentu ini tanpa pentonton, tapi syaratnya satu akses (jalan memadai), kedua lampu (memenuhi standar) atau kondisi ketika bermain malam dan protokol kesehatan," ungkapnya.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sementara terkait kepanitiaan sepanjang turnamen Piala Menpora 2021 digelar ada di pihak klub atau panitia penyelenggara (panpel) lokal. Dalam praktiknya, PT LIB hanya bertindak sebagai supervisor atau melakukan pengawasan.

"Ada di PT LIB karena kami sebagai penyelenggara tapi tentu hanya sebagai supervisor, kami akan menggunakan panpel setempat," kata Akhmad.

Satu hal yang harus bisa diwujudkan oleh Panpel lokal, tegas Akhmd, adalah memastikan tidak ada penonton yang masuk ke dalam areal tempat pertandingan.

BACA JUGA: Dirut PT LIB Temui Wakil Wali Kota Bandung Bahas Stadion GBLA Jadi Venue Piala Menpora

Salah satu upaya untuk mencegah suporter nekat datang ke stadion, Akhmad memastikan, seluruh pertandingan akan disiarkan langsung melalui stasiun televisi nasional dan bisa ditonton secara gratis.

Namun Akhmad tak menyampaikan stasiun televisi nasional mana yang akan mendapatkan hak siar turnamen Piala Menpora 2021.

"Alasannya memang kita fairnes aja dulu, yang utama adalah bagaimana si penyelenggara dapat menggelar tanpa suporter, karena tidak boleh ada penonton dan diharapkan nanti nonton dari rumah. Karena kondisi belum stabil, semua pertandingan disiarkan secara langsung semua," ungkapnya.

Terkait kick-off atau kapan tanggal turnamen dimulai, Akhmad memastikan dilaksanakan mulai Minggu, 21 Maret 2021 mendatang dan diproyeksikan berakhir pada pekan terakhir bulan April. "Bergulir 21 Maret," tegasnya. (Raffy Faraz Ramadhan)

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini