Penjelasan PSSI Soal Uji Coba Timnas U-23 yang Tiba-tiba Dibatalkan, Alasannya Bikin 'Miris'

Penjelasan PSSI Soal Uji Coba Timnas U-23 yang Tiba-tiba Dibatalkan, Alasannya Bikin 'Miris' Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong saat memimpin latihan skuat Timnas U-23 proyeksi SEA Games 2021. (pssi.org)

REPUBLIK BOBOTOH - Uji coba timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2021 menghadapi PS Tira Persikabo di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Rabu malam 3 Maret 2021 kemarin, terpaksa dibatalkan.

Yang disorot adalah keputusan pembatalan sangat mendadak karena situasi di lapangan hampir semua pihak yang terlibat dalam pertandingan, termasuk pemain, pelatih hingga wartawan sudah berada di lokasi pertandingan.

PSSI kemudian menyampaikan pernyataan pembatalan terpaksa dilakukan karena tidak mendapatkan izin dari kepolisian. Fakta tersebut tentu sangat disayangkan karena lembaga atau organisasi sekelas PSSI gagal menjalankan administrasi dengan baik dan memastian semuanya beres.

BACA JUGA: Victor Igbonefo Bicara Soal Jupe Balik Lagi ke Persib dan Rekrutan Anyar Bayu Fiqri

Dikutip dari laman resmi PSSI, Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi mengakui, pihaknya belum mengantongi izin dari kepolisian dan perizinan diurus mendadak.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"PSSI mengerti dan memahami kenapa Mabes Polri belum mengizinkan pertandingan. Mungkin karena izin kami (PSSI) terlalu mendadak sehingga Mabes Polri perlu melakukan kajian lebih mendalam sebelum mengeluarkan izin. Dengan ini PSSI meminta maaf kepada Mabes Polri yang sudah direpotkan," ujar Yunus Nusi.

Yunus mengatakan sebenarnya timnas U-23 sudah melakukan training sejak sebulan lalu di Stadion Madya. Namun, selama satu bulan itu belum pernah melakukan uji coba.

BACA JUGA: Kata Robert Alberts Tentang Kembalinya Deden Natshir dari Cedera Panjang

"Jadi memang tim ini butuh uji coba. Itu sebabnya Pelatih Shin Tae-yong menjadwalkan uji coba dengan klub Liga 1 agar tim lebih berkembang karena timnas Indonesia ditargetkan meraih emas di SEA Games 2021," imbuh Yunus Nusi.

Pertandingan timnas Indonesia U-23 vs PS Tira Persikabo diputuskan urung digelar karena hingga 1 jam sebelum jadwal kick-off, PSSI selaku penyelenggara pertandingan belum mengantongi izin dari kepolisian.

"Untuk itu, sambil menunggu proses administrasi perizinan, kami menyiapkan pertandingan uji coba sesuai roadmap pelatih Shin Tae-yong. Namun, sampai dengan satu jam menjelang kick-off, kami belum mendapatkan izin dari pihak kepolisian. Untuk langkah selanjutnya, PSSI akan terus melakukan koordinasi dengan Mabes Polri," jelas Yunus.

Sementara pelatih timnas Shin Tae-yong memahami jika pertandingan itu kemudian harus dibatalkan. "Saya harap ini hanya ditunda. Tim ini butuh uji coba. Apalagi target PSSI ialah merebut medali emas di SEA Games 2021 di Vietnam," jelas pelatih asal Korea Selatan tersebut. (Taufik)

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini