Dikontrak 3 Tahun, Ezra Walian Bikin Persib Kian Kental Warna Belanda

Dikontrak 3 Tahun, Ezra Walian Bikin Persib Kian Kental Warna Belanda Ezra Walian saat membela Jong Ajax. (Ajax.nl)

REPUBLIK BOBOTOH - Setelah resmi mengumumkan bergabungnya Ezra Walian bersama Persib dengan kontrak berdurasi 3 tahun, warna Belanda sekarang kian kental di tim Persib Bandung. Saat ini terdapat 4 orang Belanda di Persib.

Pertama Robert Alberts, Geiffrey Castillion, Ezra Walian dan Nick Kuipers. Tiga nama pertama merupakan produk dan mantan pemain salah satu klub tersukses di dunia, Ajax Amsterdam.

Robert sudah bergabung dengan Akademi Ajax sejak usia 12 tahun. Total, ia berada di Ajax selama 10 tahun dan di usia 22 tahun hijrah ke sejumlah klub luar seperti Vancouver Whitecaps (Amerika Serikat), Clermont Foot (Prancis) atau Raa IF dan Hittarps IK (Swedia).

BACA JUGA: Ezra Walian Gabung, Skuad Maung Bandung Makin Beraroma Ajax Amsterdam


BACA JUGA: Reaksi dan Komentar Bobotoh Setelah Ezra Walian Resmi Gabung Persib

Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Berikutnya Geoffrey Castillion yang juga permah mencicipi hangatnya Akademi Ajax. Penyerang yang kini tengah dipinjamkan ke Como itu, sejak tahun 2010 sampai 2014 menjadi bagian dari tim senior Ajax.

Tapi selama itu, dia lebih banyak menghabiskan waktu bermain di klub lain karena dipinjamkan seperti RKC Waalwijk, Heracles Almelo dan NEC Nijmegen. Dia juga pernah tim satelit Ajax, Jong Ajax.

Sementara Ezra Walian juga memulai kariernya dari Akademi Ajax. Mantan pemain PSM Makassar itu bergabung dengan Ajax U-17 dari AZ Alkmaar Yout ketika usianya 15 tahun. Selama lima tahun pemain berpostur 185 cm itu membela tim Ajax U-17, U-19 dan U-21.

Perlu diakui, akademi Ajax Amsterdam merupakan tempat dimana banyak bintang sepak bola lahir seperti Johan Cruijff, Marco van Basten, Edwin van der Sar, Dennis Bergkamp, Marc Overmars, Edgar Davids, Clarence Seedorf dan lainnya. Bahkan sampai saat ini, akademi Ajax Amsterdam merupakan akademi terbaik yang dimiliki dunia.

Setelah 4 nama itu pensiun, Ajax Amsterdam justru semakin aktif memproduksi pemain hebat asal Negeri Kincir Angin, seperti Frankie de Jong, Mathijs de Ligt, Donny Van Den Beek dan lainnya. Nama-nama di atas merupakan bukti akademi Ajax memang eksportir kelas kakap khusus untuk pemain muda terbaik di dunia. (Raffy Faraz Ramadhan)

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini