Patrich Wanggai Jadi Korban Serangan Rasis di Media Sosial

Patrich Wanggai Jadi Korban Serangan Rasis di Media Sosial Patrich Wanggai (Instagram Patrich Wanggai)

REPUBLIKBOBOTOH - Serangan rasis terjadi di sepak bola tanah air. Pemain PSM Makassar Patrich Wanggai menjadi korbannya.

Wanggai mendapat serangan dari banyak akun di media sosial Instagram pribadinya.

Beberapa akun melontarkan umpatan yang sangat tidak pantas kepada mantan pemain Persib Bandung tersebut usai laga melawan Persija Jakarta di Piala Menpora 2021, Senin 22 Maret 2021.

BACA JUGA: Jadwal Piala Menpora Selasa 23 Maret 2021: Dibayangi Kabar Bonek Serbu Bandung


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Tindakan tersebut jelas mencoreng nilai sportivitas dan mempermalukan dunia sepak bola tanah air.

Salah satu akun twitter yang mengampanyekan tindakan rasisme, @medioclubID sangat menyoroti kasus yang menimpa eks striker Timnas Indonesia tersebut.

"KICK RACISM OUT! Baru saja kita memberitakan tentang kampanye rasisme, sangat disayangkan malam ini terjadi di sosial media Indonesia. Kemenangan PSM Makassar atas Persija menyisakan komentar-komentar bernada kasar dan rasis di akun IG Patrich Wanggai. #IMC," tegas akun tersebut. (keterangan lengkap klik disini)

Kicauan yang sama tentang 'kick rasicm out' juga disampaikan Direktur Persib, Teddy Tjahjono.

"Say no to rasicm, #respect," tulis Teddy melalui akunnya, @teddy_tjahjono.

Sementara itu PSM Makassar langsung bergerak cepat menanggapi kasus serangan rasis yang menimpa pemainnya.

Tim Juku Eja langsung mengirimkan surat resmi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI untuk mengadukan tindakan tidak terpuji tersebut.

"Suka cita kami yang seharusnya juga menjadi kebahagiaan seluruh pecinta sepak bola karena turnamen ini adalah permulaan yang baik bagi perkembangan sepakbola Indonesia yang setahun lebih tak berdenyut dikarenakan pandemi menjadi tercoreng dengan tindakan segelintir orang yang ‘menyerang’ secara pribadi pemain kami Patrich Wanggai (akun instagram @wanggaipatrich), dengan komentar bernada kasar, mengejek dan rasis," tulis surat resmi PSM kepada PSSI dikutip dari Bolalob.

BACA JUGA: Mantan Striker Persib Bawa PSM Permalukan Persija

"Tindakan tersebut tak dapat diterima oleh akal sehat juga merendahkan martabat kita semua, pelaku sepak bola Indonesia tanpa terkecuali dan tentu saja tidak berada dalam koridor kesopanan dan jauh dari kesan saling menghargai sesama manusia."

"Kami sangat menyayangkan adanya tindakan rasisme tersebut dan kami, dalam kesempatan kali ini, dengan tegas menyatakan berdiri bersama Patrich Wanggai, dengan semangat yang sama & menentang apapun bentuk rasisme dalam sepakbola Indonesia yang sama-sama kita cintai," tulis surat PSM bertanda tangan CEO PSM, Munafri Arifuddin itu. (Kris Andieka)

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini