Hanya Aqil Yang Dipanggil Timnas Indonesia, Begini Respons Robert

Hanya Aqil Yang Dipanggil Timnas Indonesia, Begini Respons Robert Pelatih Persib Robert Alberts. (Kris Andieka)

REPUBLIK BOBOTOH - Pelatih Persib Bandung Robert Alberts mengaku, tak bisa mengkritisi pilihan pelatih timnas yang hanya memboyong satu pemainnya, Aqil Savik.

Aqil diboyong untuk persiapan Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

Robert menegaskan, tak ingin mengusik kinerja pelatih timnas karena ada beban berat yang diembannya.

"Saya tidak mengkritisi tim nasional, tidak juga pelatih tim nasional. Itu adalah visinya dan tugasnya. Itu hanya menunjukkan bahwa Persib adalah tim yang bisa melaju ke final turnamen tanpa pemain yang bergabung dengan tim nasional," kata Robert kepada wartawan pada Kamis, 3 Juni 2021.

Minimnya kontribusi Persib di timnas juga bukan menjadi masalah bagi Robert. Ia memahami bahwa pelatih Shin Tae-Yong sudah memiliki kerangka tim dan memilih pemain yang sesuai dengan kebutuhan.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Ini juga menunjukkan ke dalam skuat Persib meskipun tidak dipanggil tim nasional tapi saya tahu kualitas mereka. Saya pikir bahwa berbeda pelatih maka berbeda pula filosofinya dan itu adalah perubahan besar," tambahnya.

Sebelum era Shin Tae-Yong, timnas memang selalu melibatkan beberapa pemain dari skuat Persib, seperti era Luis Milla Aspas yang selalu mengikutsertakan Febri Hariyadi di dalam timnya.

Pria berusia 66 tahun itu menilai, permainan timnas memang sangat berbeda jika dilihat dari skema yang disiapkan kedua pelatih, Shin Tae-Yong dan Luis Milla.

Saat Luis Milla menukangi tim Garuda, tampak sisi kecepatan menjadi titik yang diunggulkan. Maka dari itu, ia selalu melibatkan para pemain dengan ekspolisfitas tinggi di sektor sayap, seperti Febri.

"Sebelumnya pelatih asal Spanyol punya cara berpikir yang berbeda dalam sepakbola dan beberapa pemain kami banyak yang terlibat disana karena memiliki kecepatan maupun pemahaman taktikal, kini semua berubah. Tidak ada pemain di timnas bagi saya itu mengejutkan," tuntasnya. (Raffy Faraz Ramadhan)

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini