sinergi foundation

Akselerasikan Penguatan Ekosistem 5G, Telkomsel Luncurkan 5G di Telkom University

Akselerasikan Penguatan Ekosistem 5G, Telkomsel Luncurkan 5G di Telkom University

REPUBLIKBOBOTOH - Telkomsel mengakselerasi pengembangan ekosistem 5G dengan meluncurkan layanan Telkomsel 5G di Bandung, Minggu 7 Juni 2021.

Sebelumnya, Telkomsel menghadirkan layanan 5G di Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan. Perluasan layanan Telkomsel 5G sekaligus mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dengan menghadirkan solusi gaya hidup digital dengan komitmen menghadirkan the best 5G experience yang akan menunjang kemajuan masyarakat.

Direktur Human Capital Management Telkomsel R. Muharam Perbawamukti mengatakan layanan Telkomsel 5G di lima kota ini menjadi wujud komitmen Telkomsel sebagai the first 5G operator in Indonesia dalam menghadirkan akses konektivitas digital terdepan yang mendorong keterbukaan peluang-peluang yang lebih luas.

"Komitmen kami selanjutnya adalah memastikan 5G tersedia untuk semua orang di Indonesia, baik untuk segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri," katanya.

Dia menambahkan hadirnya jaringan Telkomsel 5G mampu meningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor-sektor unggulan di kota-kota tersebut. Salah satunya sektor pariwisata dengan diversifikasi layanan dan jasa melalui optimalisasi teknologi digital terdepan.

Atau sektor pendidikan yang dapat mendukung upaya pengembangan riset yang terukur dan tepat untuk memastikan pemberdayaan teknologi 5G yang tepat guna ke masa mendatang. Selain itu, 5G juga dapat mendorong implementasi Industry 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri.

Rektor Telkom University Prof Adiwijaya mengatakan sivitas akademika Telkom University berbangga menjadi kampus pertama yang bisa menikmati jaringan 5G di indonesia.


"Kami akan terus berkomitmen bersama Telkomsel untuk bersama-sama mengembangkan jaringan 5G hingga mampu memberikan perubahan yang signifikan bagi kehidupan masyarakat kedepan," ujarnya.

Dia berharap dukungan 5G di kampus Telkom University mampu menumbuhkan semangat para peneliti Telkom University untuk terus mengembangkan riset-riset dan menghasilkan inovasi-inovasi yang bermuara para kebermanfaatkan masyarakat indonesia.

Pada fase awal peluncuran di lima kota tambahan ini, layanan Telkomsel 5G telah tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap untuk di kota Bandung, jaringan Telkomsel 5G hadir di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung.

Di Telkom University saat ini telah dikembangkan beberapa aplikasi dan inovasi hasil riset pemanfaatan teknologi 5G beserta ekosistemnya. Contohnya antara lain adalah Telesthethoscope, sebuah stetoskop berbasis internet of things (IoT) yang memungkinkan penyimpanan data rekam suara paru maupun jantung serta penggunaan dari jarak jauh sehingga penggunaannya lebih aman di masa pandemi.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengapresiasi komitmen dan upaya Telkomsel untuk terus menghadirkan layanan komunikasi broadband mutakhir di wilayah Kabupaten Bandung.

“Kabupaten Bandung berkomitmen untuk dapat menghadirkan digitalisasi dan layanan publik yang dapat memberikan pengalaman dan kemudahan bagi warganya, oleh karenanya kami berharap kolaborasi dengan Telkomsel di masa mendatang akan mampu membuka peluang-peluang baru yang mampu memajukan wilayah Kabupaten Bandun," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengemukakan saat ini Pemkota Bandung berada di rangking ke-28 dalam penyelenggaraan smart city dari Eden Strategy Institute.

"Ini artinya digitalisasi yang dilakukan pemerintah kota telah diakui oleh dunia. Dengan hadirnya teknologi 5G Telkomsel, kami berharap akan ada sinergi dan koloborasi yang baik untuk menghadirkan pelayanan terbaik bagi masyarakat kota Bandung," katanya.

Editor: Sirojul Muttaqien
Piksi

Berita Terkini