Catatan Persiapan Persib Tak Istimewa, Berjaya Lawan Tim Liga 3, Ditahan Imbang Tim Liga 2 dan Liga 1

Catatan Persiapan Persib Tak Istimewa, Berjaya Lawan Tim Liga 3, Ditahan Imbang Tim Liga 2 dan Liga 1 Persib menang atas tim Persika Karawang 5-2 dalam laga uji coba di Stadion GBLA, Sabtu 5 Juni 2021. (Official Persib)

REPUBLIK BOBOTOH - Perjalanan Persib saat melakukan persiapan menjelang menghadapi Liga 1 musim ini terbilang tak terlalu istimewa.

Dari 5 kali uji coba yang digelar pada bulan Juni ini, Maung Bandung hanya mampu meraih 3 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Hanya saja bagi Bobotoh, hasil ini tidak cukup memuaskan mereka, lantaran mayoritas lawan yang dihadapi Persib berada di level kasta kedua dan ketiga.

Seperti saat Persib melakukan uji coba dengan tim Liga 3, Karawang United pada Sabtu, 5 Juni lalu.

Tim besutan Robert Alberts itu justru tampil kurang baik di babak pertama karena skor 2-1 berakhir sementara untuk keunggulan Karawang United.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sedangkan pada babak kedua, Persib mulai merespons dan tampil menggila. Keran gol pun terbuka usai Ravil Shandika menciptakan hattrick, ditambah Febri Hariyadi yang menyumbang satu gol.

Dengan begitu laga berakhir dengan skor 5-2 untuk kemenangan Maung Bandung.

Pada uji coba tersebut tidak digelar sekali, melainkan dua kali. Kini giliran TIm Porda Kota Bandung yang menjadi lawan Persib.

Laga berlangsung menarik dan cukup keras sehingga dua pemain Persib, Ezra Walian dan Ferdinand Sinaga harus mendapat kartu merah di pada akhir babak kedua.

Meski tampil dengan sembilan pemain, kualitas tim Persib memang jauh di atas tim lawan. Maung Bandung juga berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 berkat gol yang dicetak Ferdinand pada menit ke-43 dan Achmad Jufriyanto di menit ke-66.

Robert mengaku target Persib bukan mencari kemenangan dalam latihan bersama ini, melainkan untuk meningkatkan kondisi kebugaran pemain.

"Ini pertandingan yang bagus untuk dilihat. Selama dua pekan ini, kami membangun tim dari segi fisik, daya tahan dan stamina, lalu melihat bagaimana perkembangannya melalui permainan berdurasi 90 menit," kata Robert.

Dalam durasi itu, Robert melihat para pemainnya berhasil menunjukkan permainan stabil dalam dua babak.

Uji Coba Lawan Persikabo 1927

Setelah menghadapi tim yang levelnya jauh di bawah, Persib mendapat uji tanding sepadan saat menjamu Persikabo 1927.

Pertandingan yang digelar pada Sabtu, 12 Juni di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, ini juga disiarkan secara langsung.

Sesuai dengan prediksi banyak pihak, pertandingan berjalan alot. Namun tim besutan Robert Alberts mampu unggul lebih dulu setelah Febri melepaskan bola pada menit ke-41.

Setelah turun minum, Persikabo mulai merespons gol yang dilesakan Persib. Melalui legiun asingnya asal Brasil, Ciro Alves dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi imbang 1-1, dan bertahan hingga laga usai.

"Secara keseluruhan Persib membuat lebih banyak peluang yang bagus ketimbang Persikabo. Bila melihat hasil, ada kesalahan yang terjadi akibat cedera yang dialami Esteban Vizcarra dan Ezra Walian yang sakit," ujarnya.

Lalu di babak kedua, Robert melakukan perubahan di babak kedua yang membuat permainan kurang nyaman. "Saiful bermain baik, sebagai pemain muda yang masuk sebagai pemain pengganti, tapi bisa lihat Saiful masih punya kekurangan," Kata Robert.

Namun, Pelatih berkebangsaan Belanda itu tidak terlalu melihat hasil pertandingan, melainkan kondisi stamina para pemainnya dan bagaimana kerjasama yang terjalin antarpemain.

Robert juga bahagia melihat penjaga gawang Deden Natsir yang lama tak merumput akibat cedera parah.

Dalam laga uji coba melawan Persikabo, Deden tampil menggantikan I Made Wirawan pada pertengahan babak kedua.

Pelatih asal Belanda itu bahkan tak ragu mengatakan Deden sudah layak kembali bergabung dengan tim Maung Bandung untuk kompetisi Liga 1 2021 yang akan digelar 10 Juli mendatang.

Untuk mematangkan Deden, Robert juga akan memboyong Deden ke turnamen Piala Wali Kota Solo.

Uji Coba Lawan PSKC

Setelah mendapat lawan sepadan, Persib kembali mendapat lawan uji coba, namun levelnya di bawah tim sebelumnya, yakni tim dari kasta kedua, PSKC Cimahi, besutan pelatih Robby Darwis.

Uji coba bertajuk latihan bersama ini digelar dua kali pada hari yang sama. Pada pertandingan pertama, Persib sukses meraih kemenangan dengan skor tipis, 1-0 berkat sepakan Mario Jardel.

Sedangkan di pertandingan kedua, kedua tim harus rela bermain imbang setelah gol Achmad Jufriyanto dibalas pemain PSKC Abdur Rahim.

Pelatih Robert Alberts menunjukkan mimik ketidak puasan dengan kinerja anak asuhnya, hingga dia mengungkapkan banyak catatan usai laga itu.

Meski berhasil meraih kemenangan di laga pertama dan hasil imbang di babak kedua, pelatih asal Belanda itu menjelaskan timnya belum piawai dalam menciptakan peluang.

Terlihat saat timnya bermain di laga kedua. Robert mengatakan timnya cukup kesulitan membongkar kekuatan lawan. Memang Persib mempunyai peluang tapi tidak banyak. Begitu dikatakan Robert.

Selain itu, sisi pertahanan Persib juga menjadi perhatian. Namun kekuatan pertahanan tim pertama terbilang lebih baik dibandingkan tim kedua.

Hal itu terbukti dengan adanya peluang di dekat gawang yang berhasil dikonversikan menjadi gol oleh PSKC.

Robert mengatakan, pertahanan terbilang bagus meski di laga kedua ada satu tendangan bebas dan satu kans itu menjadi gol.

Selain itu, dalam hal membuka ruang guna mendapatkan titik menyerang, Persib kurang cepat dalam membuka ruang.

Sehingga saat melancarkan serangan, selalu mampu diantisipasi dan dipatahkan pemain lawan.

"Tapi yang kami dapat hari ini adalah pemain harus bisa membuka ruang lebih cepat, mereka harus mencari posisi yang bagus untuk menyelesaikan peluang," kata Robert.

Semoga dengan keikut sertaan Persib di Piala Wali Kota Solo yang diundur gelarannya menjadi 27 Juni hingga 3 Juli nanti, persiapan Persib semakin matang dan semakin siap tampil di kompetisi Liga 1 musim ini.

Berikut data hasil pertandingan uji coba Persib pada Juni 2021:

Sabtu, 5 Juni

Persib Vs Karawan United 5-2

Sabtu 5 Juni

Persib vs Porda Kota Bandung 2-0

Sabtu 12 Juni

Persib versus Persikabo 1-1

Selasa 15 Juni

Persib vs PSKC 1-0

Selasa 15 Juni

Persib vs PSKC 1-1

(Raffy Faraz Ramadhan)

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini