Bank bjb dan Pemkab Sumedang Sepakati Pengembangan Kompetensi ASN melalui bjb University

Bank bjb dan Pemkab Sumedang Sepakati Pengembangan Kompetensi ASN melalui bjb University

RBNEWS - Bank bjb dan Pemerintah Kabupaten Sumedang sepakat bekerja sama mengembangkan kompetensi Aparat Sipil Negara (ASN) melalui bjb University.

Pelaksanaan kerja sama ini ditandai dengan penandatangan Kesepakatan Bersama (MoU) antara Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dengan Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi di Gedung Negara Sumedang, Selasa 14 September 2021.

Sedangkan untuk hal yang bersifat teknis melalui Perjanjian Kerja sama yang ditandatangani oleh Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumedang Endi Ruslan dengan Pemimpin bjb University Agus Supriyatna.

Bupati Sumedang mengharapkan melalui pelatihan ini, ASN Pemkab Sumedang semakin responsif dan profesional dalam melayani masyarakat. Melalui kolaborasi ini pula, ASN akan menambah pengetahuan dan pengalaman sehingga mereka memiliki competitive advantage atau nilai keunggulan dalam bersaing khususnya dalam menghadapi globalisasi.

Menurutnya, Sumedang memiliki konsep sendiri untuk membangun. Pertama adalah fondasi yaitu agama, budaya, teknologi. Kedua, pola kolaboratif yaitu Pentahelix dengan mensinergikan akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media. Itu menjadi panduan bagi kami untuk bekerja.

“Seperti kegiatan pada hari ini, bagaimana kolaborasi pentahelix antara sektor bisnis bekerja sama dengan pemerintahan dalam meningkatkan kompetensi ASN dengan pendekatan pola corporate university dan pelatihan berbagai digital,” tandasnya.

Sementara itu, Dirut bank bjb Yuddy Renaldi menyambut baik kerja sama ini. Bank bjb, katanya, selalu komitmen dalam menjaga kepercayaan dari segenap shareholder dan seluruh pemangku kepentingan. Maka bank bjb senantiasa terus berbenah dan memperbaiki kualitas pelayanan dari waktu ke waktu.


“Dalam cakupan internal, peningkatan kualitas human capital merupakan concern utama kami yang diimplementasikan dengan bekerja sama dan berkolaborasi bersama dengan bjb university sebagai penyelenggara kegiatan pelatihan, pendidikan, dan pengembangan kualitas seluruh insan bank bjb,” jelas Yuddy.

Dia berpesan agar pengembangan kompetensi ASN Kabupaten Sumedang dijalani sebaik mungkin agar ASN Kabupaten Sumedang memiliki peningkatan kompetensi yang memadai dan dapat menjadi agent atau role model atas kompetensi yang dimilikinya, pada unit kerja penempatan masing-masing.

“Atas nama manajemen dan seluruh insan bank bjb kami mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati beserta seluruh jajaran di lingkungan pemerintah Kabupaten Sumedang atas penunjukan bjb university sebagai bagian dari pengembangan kompetensi ASN. Kita sama-sama berharap peningkatan serta pengembangan kompetensi ASN akan mampu mendukung kualitas pelayanan kepada masyarakat, yang akhirnya akan bermuara pada kesejahtreraan masyarakat,” paparnya.

Ruang lingkup kerja sama meliputi pengembangan kompetensi memperoleh kompetensi teknis dan atau kompetensi sosial kultural yang dilaksanakan melalui kegiatan klasikal, kegiatan non klasikal seperti benchmarking, role play, workshop, dan observasi, serta kegiatan pengembangan kompetensi lainnya yang disepakati.

Dalam kegiatan kerja sama ini juga dihadiri Direktur Operasional bank bjb Tedi Setiawan, Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini, CEO Regional 3 bank bjb Nunung Suhartini, Pemimpin Cabang Sumedang bank bjb Achmad Djuansjah, beserta jajaran bank bjb.

Dari pemerintah Sumedang turut hadir Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Sumedang Bangbang Kustiantoro, Asisten Pembangunan Setda Kabupaten Sumedang Hilman Taufik Wijaya Somantri, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Ine Inajah beserta jajaran pemerintah Kabupaten Sumedang lainnya.

Penulis: Sirojul M | Editor: Sirojul Muttaqien

Piksi

Berita Terkini