Mengapa 16 September Jadi Tanggal yang Spesial untuk Persib? Begini Ceritanya

Mengapa 16 September Jadi Tanggal yang Spesial untuk Persib? Begini Ceritanya Logo Persib. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Tanggal 16 September, sejatinya menjadi salah satu hari bersejarah dan spesial dalam perjalanan panjang Persib Bandung sebagai klub sepak bola.

Tepat hari ini, 26 tahun lalu, Persib mencatat sejarah pertama kali tampil di kompetisi resmi antarklub Asia, Piala Champions atau sekarang dikenal Liga Champions Asia.

Sejarah itu diukir Maung Bandung saat tampil di putaran pertama Piala Champions Asia zona Asia Timur menghadapi wakil Thailand, Bangkok Bank.

Tercatat saat itu, hari Sabtu 16 September 1995, Persib tandang ke markas Bangkok Bank pada leg pertama di Stadion Universitas Chulalangkorn, Bangkok.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Hebatnya Persib yang dibesut pelatih Indra Thohir dan materi 100 persen lokal, sukses mengecundangi Bangkok Bank besutan pelatih Witthaya Laohakul, dengan skor 2-0 di Bangkok.

Bermodal kemenangan 2 gol tandang, Persib di atas angin dan hanya butuh hasil imbang atau kalah dengan selisih satu gol untuk lolos ke ronde berikutnya.

Skenario kedua yang kemudian terjadi, Persib kalah 0-1 pada leg kedua di Stadion Siliwangi, selang dua pekan kemudian.

Meski kalah Persib tetap melaju ke fase berikutnya menghadapi wakil Filipina Pasay City yang sukses dilewati kemengan agregat 5-2 (2-1, 3-1), hingga lolos ke perempat final yang digelar dengan sistem round robin.

Persib jadi tuan rumah di Stadion Siliwangi menjamu Verdy Kawasaki, juara bertahan Thai Farmers Bank dan Ilhwa Chunma. Nama terakhir kemudian jadi juara Piala Champions 1995-1996.

Setelahnya, Persib baru kembali tampil di kompetisi antarklub Asia pada musim 2015 setelah menjadi juara ISL musim 2014. Setelah terhenti di Liga Champions Asia, Persib tampil di ajang AFC Cup.**

Foto Persib di Piala Champions Asia 1995: Bulao.id

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini