Manfaatkan Pemasaran Digital Jadi Kiat Sukses Viera Sutra Alam Garut di Tengah Pandemi

Manfaatkan Pemasaran Digital Jadi Kiat Sukses Viera Sutra Alam Garut di Tengah Pandemi

RBNEWS - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sekitar dua tahun berdampak pada kelangsungan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).

Hal ini juga terjadi pada salah satu UMKM di Garut, yakni Vierra Sutra Alam.

Namun, di tengah masa sulit yang terjadi, Viera justru mampu memanfaatkan masa sulit ini untuk lebih mengembangkan pemasaran dam terus melakukan inovasi.

Viera Sutra Alam merupakan UMKM yang bergerak di bidang Tenun Sutra Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). UMKM ini beralamat di Jl. Oto Iskandardinata No 12 Garut yang dimulai sejak Januari 2012.

“Awal pandemi lalu, kami sempat merumahkan karyawan. Hal itu terpaksa dilakukan karena penjualan via gallery atau tokonya hampir nol. Padahal sebelum pandemi, bus-bus wisata menurunkan puluhan wisatawan di galeri,” tutur owner Viera Sutra Alam Ruda Pratama.


Guna mempertahankan kondisi usahanya, Ruda kemudian mengubah sistem penjualan dengan mengkolaborasikan sistem penjualan offline di galerinya dengan sistem penjualan online memanfaatkan media sosial dan marketplace.

Produk unggulan Viera adalah sutra bulu dan batik sutra khas Garut. Sementara kisaran harga produknya mulai dari Rp80.000 hingga jutaan rupiah.

“Saat ini cara yang efektif, memang promosi secara gencar di online. Mulai dari promosi dan penjualan harus sudah online,” kata Ruda.

Halaman selanjutnya
1 2 3 Show All

Penulis: Sirojul M | Editor: Sirojul Muttaqien

Piksi

Berita Terkini