Butuh Berapa Lama Lagi Berproses?

Butuh Berapa Lama Lagi Berproses? Persib vs PSM. (Tangkap layar vidio.com)

GOROWOK BOBOTOH - Lagi dan lagi! Tim kesayangan kita, Persib Bandung, harus menelan hasil seri di empat pertandingan terakhir. Coba bayangkan, empat pertandingan hanya dapat empat poin?

Untuk tim sebesar dan semewah Persib, hasil ini tentu tergolong sangat buruk! Pemain mahal dan bintang.

Pemain asing dan naturalisasi. Semua bukan pemain sembarangan. Bahkan untuk pemain lokal pun, skuad Persib di isi dengan pemain-pemain yang kualitasnya tidak usah di ragukan lagi.

But why?

Entah kenapa, saya berani menilai jika Rene Albert (RA) bagaikan tidak berani merotasi pemain yang performanya tidak dalam kondisi yang baik.


RA terkesan terlalu memaksakan ‘pemain bawaannya’ untuk tetap jadi starting eleven dalam setiap pertandingan.

Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Hasilnya? Bisa teman-teman lihat sendiri. Bahkan Rasyid beberapa kali terlihat kewalahan. Mark Klok yang terlihat kurang fokus. Dan Ezra yang.... Ehem!

Saya juga melihat, RA terlalu bergantung kepada pemain asing dan naturalisasi. Padahal pemain lokal di tim Persib sebenarnya mempunyai kualitas di atas rata-rata.

Kenapa mereka tidak pernah di beri kesempatan untuk bermain?

Dalam pergantian pemain pun, RA terkesan ‘pelit’. Padahal setiap tim mempunyai tiga kali kesempatan untuk mengganti lima pemain sekaligus. Kenapa tidak pernah dimaksimalkan, sih?

Dalam pertandingan melawan PSM Makasar, alih-alih ingin menambah daya serang biar bisa menang, RA justru malah memperkuat pertahanan.

Hal ini menandakan bagi RA main seri sudah cukup! Logikanya kalau kita ingin menang, pemain yang mempunyai tipikal menyeranglah yang harusnya di tambah. Bukan begitu?

Ini hanya penilaian saya saja sebagai seorang Bobotoh yang menonton pertandingan tim kesayangannya.

Karena saya juga tidak paham, apa sebenarnya yang direncanakan RA dalam meracik tim. Karena saya tahu betul kalau setiap pelatih memiliki pola melatihnya masing-masing.

Yang ingin saya tanyakan kepada SEMUA yang berada di Persib adalah BUTUH BERAPA LAMA LAGI KALIAN UNTUK BERPROSES?

Bagi saya, berproses itu bisa dilakukan di mana saja. Entah latihan atau kegiatan lainnya. Tapi kalau sudah memasuki pertandingan, tidak ada alasan kalau kalian masih berproses.

Menghadapi pertandingan artinya KALIAN SUDAH SIAP!

Seperti yang pernah saya utarakan, tidak mungkin kan sebuah negara yang hendak berperang mengirimkan pasukannya yang masih coba-coba ke medan pertempuran? Ya, bisa habis atuh!

PENULIS: Nur Arum Rusmayanti, Bobotoh Persib

Pemilik akun Instagram @nurarumrusmayanti dan akun twitter @na_rusmayanti

Rubrik GOROWOK BOBOTOH memuat tulisan artikel opini dari pembaca, Redaksi REPUBLIKBOBOTOH.COM tidak bertanggungjawab atas isi tulisan yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis.

ATTENTION: Bagi Bobotoh yang suka menulis bisa mengirimkan tulisan ke email republikbobotoh@gmail.com, tulisan akan dimuat di kolom GOROWOK BOBOTOH.

Kritik dan saran kirim ke republikbobotoh@gmail.com.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Piksi

Berita Terkini