Wasit Asal Sumatera Utara Pimpin Laga Bhayangkara FC vs Persib, Begini Rekam Jejaknya

Wasit Asal Sumatera Utara Pimpin Laga Bhayangkara FC vs Persib, Begini Rekam Jejaknya Ilustrasi wasit. (Alex Fox/Pixabay)

REPUBLIK BOBOTOH - Persib Bandung ditantang Bhayangkara FC pada laga perdana seri 2 atau pekan ketujuh Liga 1 2021 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu 16 Oktober 2021, malam nanti.

Berdasarkan laman resmi Liga 1, laga tersebut akan dipimpin oleh wasit asal Sumatera Utara, Darma Santoso Gulo.

Darma Santoso akan dibantu Fajar Furqon selaku asisten wasit 1 dan Edwardo Prima Satya sebagai asisten wasit 2.

Sementara Suprihatin akan bertugas sebagai Matchcomm dan wasit cadangan dipercayakan kepada Pipin Indra Pratama.

Rekam Jejak Darma Santoso Gulo


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Dikutip dari Transfermark, wasit Darma Santoso Gulo tercatat pernah memimpin pertandingan yang dilakoni oleh seluruh klub peserta Liga 1 2021, termasuk Persib Bandung.

Darma Santoso bertugas saat Persib berjumpa PS Sleman di leg kedua babak semifinal Piala Menpora 2021, di Stadion Manahan Solo, Senin 19 April 2021.

Kepemimpinan Darma menjado sorotan kala itu. Ia dinilai menguntungkan Persib, sehingga menuai protes kubu PSS.

Menurut catatan Suarajogja.id, kejadian yang disorot di laga tersebut adalah kartu merah yang diterima pemain PS Sleman, Fabiano Beltrame.

Cerita lain yang dikutip dari Bola.com, Darma Santoto Gulo dinilai membuat keputusan kontroversial pada menit-ke-88, saat memberikan pelanggaran kepada PSS, padahal klub berjuluk Super Elang Jawa dalam posisi advantage ball.

Buntutnya, PSS menolak untuk menghadiri acara jumpa pers usai laga.

Pasca kejadian tersebut, PSSI pun sempat menyoroti kinerja wasit hingga menyinggung penggunaan Video Assistant Referee (VAR).

Bahkan ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku sudah mendengar protes yang dilayangkan PSS terkait kepemimpinan Darma Santoso Gulo.

"Soal itu, kami sudah mendengarnya. Kami akan dalami juga," kata Mochamad Iriawan dikutip dari Bola.com, 22 April 2021 lalu.

Cerita lain yang melibatkan Darma Santoso Gulo adalah laga PSPS konta PSBL Langsa pada 20 Mei 2017

Dilaporkan laman JPNN, Pelatih PSPS saat itu, Philep Hensen Maramis menilai, wasit Darma santoso seharusnya mendapat sanksi dari Komisi Disiplin PSSI.

Pernyataan Hensen tersebut tak lepas dari keputusan wasit yang hanya memberikan kartu kuning kepada pemain PSBL, Rizaldi usai melakukan pelanggaran brutal kepada pemain PSPS.

"Wasit juga mesti mendapat sanksi. Saya berharap tidak hanya pemain saja yang mendapatkan sanksi tetapi wasitnya juga."

"Apalagj saya melihat hakim garis sudah memberi masukan karena kejadian tersebut didekat hakim garis. Tapi cuma kartu kuning yang ia keluarkan," ujar Philep Hensen Maramis, Jumat 2 Juni 2017.

Sementara cerita yang dikutip dari laman kumparanbola, Darma Santoso Gulo pernah menjadi wasit cadangan di laga Bhayangkara FC vs PSM Makassar pada pekan ke-33 Liga 1 2021, Senin 12 Desember 2018.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini