Berdiri dan Menantau Laga di Pinggir Lapangan, Apa Fungsi Satgas Antimafia Bola? Ini Kata LIB

Berdiri dan Menantau Laga di Pinggir Lapangan, Apa Fungsi Satgas Antimafia Bola? Ini Kata LIB Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno. (Liga Indonesia Baru)

REPUBLIK BOBOTOH - Dalam beberapa pertandingan siaran langsung Liga 1 2021, layar televisi beberapa kali menampilkan dua orang pria berompi hitam bertuliskan "Satgas Antimafia Bola'.

Mereka berdiri di pinggir lapangan, sembari memantau jalannya pertandingan yang berlangsung.

Menurut Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, kehadiran Satgas Antimafia Bola di stadion merupakan bagian dari MoU antara PSSI dan Mabes Polri.

Keberadaan Satgas Antimafia Bola di lapangan juga untuk mencegah terjadinya pengaturan skor di Liga 1 2021 dan liga 2.

"Ada sembilan bentuk MoU PSSI dengan Mabes Polri, satu di antaranya adalah Satgas Antimafia Bola," kata Sudjarno dikutip dari Bola.com.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Satgas Antimafia Bola bagan dari pencegahan. Keberadaannya setidaknya bisa membuat shock therapy. Sama halnya seperti polisi sedang patroli, untuk menghilangkan niat dan kesempatan pelaku kejatahan."

"Misalnya, niatnya sudah ada, namun begitu polisi lewat, urung dilakukan. Kami menghadirkan Satgas Antimafia Bola secara fisik untuk menjadi bagian dari pencegahan," imbuh purnawirawan perwira tinggi Polri yang pernah menjadi Kapolda Lampung tersebut.

Sudjarno juga menjelaskan terkait penempatan Satgas Antimafia Bola di pinggir lapangan. Padahal bisa saja mereka ditempatkan di tribun VVIP atau tempat lainnya di stadion.

Menurutnya, kedua orang Satgas akan mengawasi jalannya pertandingan selama 90 menit.

"Kenapa Satgas Antimafia Bola berdiri di situ? Ada dua hal, yaitu pencegahan dan penindakan. Ini kalau kami bilang sebagai preventif aktif," terang Sudjarno.

"Harapan kami dengan adanya Satgas Antimafia Bola, mereka sebagai pelaku berpikir ulang untuk mengurungkan niatnya," imbuh pensiunan polisi berpangkat terakhir Irjen itu.

Menurut aturan atau SOP, Satgas Antimafia Bola wajib menemui wasit di tempat menginap H-2 sebelum pertandingan.

"Bahkan kami juga sudah tetapkan, Satgas Antimafia Bola sudah menemui wasit H-2 sebelum memimpin pertandingan," papar Sudjarno.

"Satgas Antimafia Bola akan memperkenalkan diri dengan membawa surat perintah yang ditugaskan untuk mengawasi laga dan mengamankan wasit," ujarnya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini