Kinerja Wasit Kian Disorot, PSSI Belum Berani 'Belanja' Teknologi dan Pilih Cara Ini

Kinerja Wasit Kian Disorot, PSSI Belum Berani 'Belanja' Teknologi dan Pilih Cara Ini Ilustrasi wasit. (Alex Fox/Pixabay)

REPUBLIK BOBOTOH - Kinerja wasit di kompetisi sepak bola Indonesia masih jadi persoalan krusial karena faktanya belum maksimal dan kerap mengambil keputusan kurang tepat.

Meski terus-terusan disorot, namun PSSI belum akan mengambil langkah konkret seperti memakai teknologi garis gawang ataupun penggunaan Video Assistant Referee (VAR) yang telah digunakan di banyak negara, termasuk di sejumlah kompetisi domestik Asia untuk mengurangi human error.

PSSI masih memilih cara 'konvensional' guna meningkatkan kinerja wasit dalam pertandingan. Otoritas sepak bola Indonesia itu, berencana akan menambah asisten wasit di seri ke-4 Liga 1 musim 2021/2022 dan semifinal Liga 2 2021.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Moch. Iriawan seusai menyaksikan pertandingan Final Elite Pro Academy di Stadion si Jalak Harupat, Kamis, 25 November 2021.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebutkan tambahan dua asisten wasit tersebut akan bertugas dalam memantau garis gawang. Pasalnya dalam beberapa pertandingan ke belakang, keputusan wasit selalu menui pro dan kontra karena dalam tayangan video, bola sudah melewati gawang, seperti pada partai pekan lalu antara Persib versus Persija.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Wasit kemarin kita lakukan wasit itu kan ada AW 1, 2, wasit tengah, dan cadangan, kita akan tambah lagi wasit garis gawang, sehingga nanti dengan adanya kejadian Persela vs Persebaya dan Persija vs Persib kita bisa antisipasi, setiap momen kita lakukan evaluasi," kata Iwan Bule.

Akan tetapi penerapan wasit tambahan akan diterapkan pada seri ke 4. Pasalnya PSSI membutuhkan waktu lebih untuk memberi pelatihan kepada asisten wasit, sesuai arahan AFC.

"Rencana kita kumpulkan mereka dalam waktu dekat ini karena ada alat yang harus kita beli, dimana apapun yang terjadi masuknya bola ke gawang bisa langsung konek kepada wasit tengah," tambahnya.

Ditambah lagi PSSI akan mendatangkan langsung direktur teknik wasit dari berbagai daerah untuk dijadikan mentor wasit lokal. Ia berharap adanya rencana ini bisa meningkatkan kualitas kompetisi sepak bola Indonesia yang sudah berjalan.

"Rencananya seri 4 di Bali dan kita juga akan datangkan wasit profesional dari Korea dan Jepang," tuntasnya.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini