Marc Klok Tambah Daftar Gol Tak Disahkan, Ini Tindakan yang Akan Dilakukan PSSI

Marc Klok Tambah Daftar Gol Tak Disahkan, Ini Tindakan yang Akan Dilakukan PSSI Andritany Ardhyasa menepis bola yang terlihat sudah melewati garis gawang pada laga Persib vs Persija. (Tangkap Layar Live Indosiar)

REPUBLIK BOBOTOH - Laga Persib Bandung Vs Persija Jakarta, Sabtu 20 November 2021 yang diwarnai kontroversi, setelah tendangan Marc Klok tak disahkan menjadi gol jadi perhatian PSSI.

Ini adalah kali ketiga insiden terjadi dalam era Liga 1 dalam pertemuan Persib dan Persija. Paling diingat tentu saja sundulan Ezechiel N'Douassel yang sudah jelas mengenai jaring atas gawang Persija, tetapi tidak disahkan menjadi gol pada Liga 1 2017.

Sementara Persija juga pernah merasakannya pada Liga 1 2019. Tandukan Marko Simic yang menyambut tendangan sudut sepintas sudah melewati garis sebelum keluar gawang lagi.

Terlepas dari itu, sebenarnya tak ada cuplikan video yang benar-benar menunjukkan bahwa bola telah 100 persen melewati garis gawang. Hanya tandukan Ezechiel saja yang sudah terlihat jelas masuk ke gawang.

Sesuai Laws of the Game FIFA, gol hanya sah jika bola telah sepenuhnya melewati garis gawang.


Karena itu, PSSI mewacanakan akan menambah dua asisten wasit pada seri keempat Liga 1 2021-2022 yang akan digelar di Bali.

Itu artinya, selain wasit, dua hakim garis, dan satu wasit cadangan, akan ada wasit kelima serta keenam dalam setiap pertandingan Liga 1 2021-2022.

Dua asisten wasit tersebut akan ditempatkan di dekat gawang. Mereka bertugas untuk mengawasi garis gawang dan tentu saja kejadian-kejadian di dalam kotak penalti.

Halaman selanjutnya
1 2 3 Show All

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Dadi M

Piksi

Berita Terkini