PSSI Cari 'Bibit' Unggul untuk Skuad Timnas Proyeksi Piala Dunia U-20

PSSI Cari 'Bibit' Unggul untuk Skuad Timnas Proyeksi Piala Dunia U-20 Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Gelaran kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-18 dan U-16 musim 2021 telah tuntas digelar di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada Kamis 25 November 2021. Perhelatan akbar kompetisi yang menyajikan 18 tim junior Liga 1 sudah melahirkan bibit unggul untuk masa depan sepak bola Indonesia.

Pada gelaran tahun ini, untuk Elite Pro Academy U-16 dijuarai oleh PSM Makassar U-16, sedangkan Elite Pro Academy U-18 dimenangkan oleh Bali United.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan gelaran ini memberikan banyak pelajaran terhadap para pemain muda. Pasalnya para pemain muda yang turun di EPA U-16 dan U-18 merupakan cikal bakal pemain masa depan.

"Hari ini hampir sebulan kita melaksanakan EPA 16 dan 18. Banyak pembelajaran yang kita dapatkan yang barang tentu mereka adalah pemain yang kita siapkan untuk menjadi profesional baik di dalam maupun di luar negeri mengikuti kakak-kakaknya," ujar Iwan Bule di sesi jumpa pers, Kamis, 25 November 2021.

Pria yang akrab disapa Iwab Bule itu, juga takjub dengan performa yang ditunjukan oleh semua tim. Hanya saja, perlu ada sedikit proses agar para pemain muda bisa melakukan akselerasi dan tembus ke level profesional.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Tadi saya lihat mereka main sangat cantik sekali, tembakannya juga menghasilkan gol bagus, meskipun ada passing yang masih menyamping tapi kita akan poles terus bersama coach Danur. Penampilan PSM U-16 juga tadi sangat menarik dan main cukup cantik," imbuhnya.

Lebih lanjut permainan apik yang ditunjukan semua tim bisa mempermudah kinerja pelatih Timnas dalam menentukan komposisi pemain. Apalagi ada agenda besar yang akan dihadapi Timnas, yakni Piala Dunia U-20.

"Membentuk tim yang bagus tentu tidak bisa sekaligus, dibutuhkan waktu lama 3-5 tahun dan itu yang kita sedang lakukan saat ini. Kita tahu kita bisa buat tim yang lebih bagus," ujarnya.

"Di 2023 kita akan melaksanakaan Piala Dunia U-20 dan yang akan main tentu mereka-mereka ini. Anak anak ini yang barang tentu kita pakai karena kita akan ambil, kata coach Danurwindo, akan kita siapkan untuk Piala Dunia nanti. Meskipun sudah ada yang kita berangkatkan ke Turki," tuntasnya.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini