Profil 3 Pemain yang Rumornya Diincar Persib, Salah Satunya Eks Timnas Brasil U-20

Profil 3 Pemain yang Rumornya Diincar Persib, Salah Satunya Eks Timnas Brasil U-20 Logo Persib. (Republik Bobotoh/Adam Husein)

REPUBLIK BOBOTOH - Persib Bandung ramai diperbincangkan bobotoh tengah melakukan perburuan kepada beberapa pemain untuk memperkuat tim di putaran kedua Liga 1 musim 2021-2022.

Tercatat ada tiga pemain yang digosipkan jadi target Maung Bandung untuk memperbaiki kinerja tim di paruh kedua musim.

Di antaranya striker asal Brasil, David Da Silva. Kemudian winger PSS Sleman, Irfan Jaya serta gelandang serang milik Persikabo 1973, Ciro Alves.

Salah seorang pentolan bobotoh, Yana Ewok mengungkapkan, secara kualitas ketiganya cukup layak untuk direkrut Persib.

Misalnya Irfan Jaya dan Ciro Alves sedang berada dalam top performa bersama klubnya masing-masing.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sementara David Da Silva walaupun sinarnya tak seterang saat berkarier di Indonesia, selama membela klub Liga Super Malaysia, Terengganu FC tampil cukup lumayan.

"Sangat layak kalau melihat bermain di klubnya sekarang, apalagi main di Persib," kata Yana.

"Masalah nanti dia direkrut atau nggak kita semuanya serahkan ke pelatih karena kita semuanya hanya sebagai penonton."

"Kalau penggantinya lebih bagus dari mereka kenapa nggak? Pemain itu satu, bukan bagus untuk pribadi tapi bagus untuk tim," ujarnya.

Apalagi kata Yana, kabarnya beberapa pemain Persib kontraknya akan habis kontraknya.

"Kalau lihat dari aturan (kontrak) ceunah, si pemain ini (ada beberapa pemain) udah habis kontraknya," ungkapnya.

"Itu kesempatan untuk Persib, dari segi finansial gak rugi karena pemain habis dan denger2 juga pemain yang akan dikontrak lagi free, itu kebetulan."

"Kalau dilihat dari tahun-tahun kemarin maen di Indonesia, pemain itu (David Da Silva) bagus terus, di Malaysia juga bagus," tuntasnya.

Berikut tiga pemain yang digosipkan jadi incaran Persib pada bursa transfer paruh musim:

1. David Da Silva

David Da Silva bukan nama asing di sepak bola Indonesia karena sempat berkarier bersama Persebaya Surabaya dalam dua kesempatan. Masing-masing di Liga 1 musim 2018 dan Liga 1 musim 2019 sampai 2020.

Musim pertamanya di Indonesia, striker dengan postur 185 cm itu, langsung unjuk ketajaman dengan menciptakan 20 gol dari 23 pertandingan di Liga 1 2018. Di Liga 1 musim 2019, David Da Silva kembali menunjukkan ketajamannya dengan mencetak 15 gol dari 19 pertandingan.

Musim berikutnya, David Da Silva masih berseragam Persebaya. Namun pandemi Covid-19, memaksa kompetisi Liga 1 musim 2020 dihentikan di tengah jalan.

Tahun 2021, striker kelahiran kota Sao Paulo, Brazil pada 12 November 1989 itu, memutuskan pergi ke Malaysia untuk gabung dengan Terengganu FC.

Bergabung sejak Januari 2021, David Da Silva berdasarkan catatan statistik yang dilansir Transfermarkt, bermain dalam 15 pertandingn di kompetisi Liga Super Malaysia dan mencetak 7 gol.

2. Irfan Jaya

Irfan Jaya lahir di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Seltang pada 1 Mei 1996 dan mematangkan kemampuan mengolah si kulit bundar bersama SSB Butta Sinoa.

Kemudian di kelompok usia, Irfan Jaya mendapatkan kesempatan membela PSM Makassar. Tetapi pilihan karier seniornya bukan bersama Juku Eja, melainkan Persebaya Surabaya.

Irfan sudah menyita perhatian sejak bermain di Liga 2 bersama Persebaya Surabaya. Irfan Jaya jadi salah satu pemain penting yang membawa Persebaya kembali ke kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia pada musim 2017.

Kiprah menawannya bersama Persebaya berlanjut di kompetisi Liga 1 musim 2018 dan membuatnya mulai mendapatkan tempat di timnas Indonesia.

Posisi bermain favoritnya adalah winger dan Irfan dikenal sebagai pemain yang memiliki kecepatan berlari dan akurasi tendangan cukup baik.

Musim 2021, Irfan Jaya memutuskan meninggalkan Persebaya untuk gabung dengan PSS Sleman dan sejauh ini tampil cukup baik bersama Super Elang Jawa.

3. Ciro Alves

Seperti Irfan Jaya, Ciro Alves adalah pemain kunci di klubnya sekarang, Persikabo 1973. Tipikal pekerja keras, pencari bola dan cukup menakutkan untuk bek serta kiper lawan.

Pemain berusia 32 tahun ini, bisa dibilang multifungsi karena bisa diperankan sebagai seorang striker, winger dan juga gelandang.

Tetapi di Persikabo, perannya lebih banyak berada di belakang striker utama atau penyerang tengah.

Ciro Alves memiliki perjalanan karier yang cukup panjang dan saat junior sempat jadi langganan timnas Brasil.

Salah satu pengalamannya adalah membela timnas Brasil U-20 di Piala Dunia U-20 tahun 2009 di Mesir.

Ciro Alves merupakan rekan seangkatan bek Atalanta, Rafael Toloi dan mantan bintang Bayern Munchen, Douglas Costa yang saat ini membela Juventus dan sedang dipinjamkan ke Gremio.

Di Piala Dunia U-20 tahun 2009, Ciro Alves bersama skuad Brasil melenggang ke final, namun kalah adu penalti dari Ghana.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini