Janji Evaluasi, Ini Beberapa PR Timnas Indonesia Usai Taklukan Kamboja

Janji Evaluasi, Ini Beberapa PR Timnas Indonesia Usai Taklukan Kamboja Aksi Ezra Walian saat Timnas Indonesia menaklukan Kamboja. (PSSI.org)

REPUBLIK BOBOTOH - Kemenangan Timnas Indonesia 4-2 atas Kamboja di laga perdana Piala AFF 2020 berbuah beberapa catatan dari pelatih Shin Tae-yong.

Menurut Shin Tae-yong, penampilan Timnas Indonesia dinilai belum maksimal karena beberapa hal. Untungnya, gol cepat yang dicetak skuad Garuda mampu memberikan hasil yang baik hingga akhir laga.

Salah satu hal yang disoroti oleh pelatih asal Korea Selatan ini adalah Ezra Walian dkk menanggap enteng lawan ketika sudah unggul di babak pertama.

"Karena kami sempat unggul dengan skor jauh pada babak pertama, sehingga para pemain menganggap lawan adalah tim yang mudah," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

"Ini memang kesalahan para pemain kami. Jadi ini yang harus diperbaiki oleh kami ke depannya di Piala AFF. Setelah babak pertama, kami anggap (jalannya pertandingan) terlalu mudah dan membuat kami menjadi kesulitan sendiri," ujar pelatih berumur 52 tahun tersebut.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Selain itu, Shin Tae-yong juga menyoroti fisik para pemainnya. Adanya perbedaan suhu antara Turki, tempat pemusatan Timnas Indonesia dan Singapura cukup mempengaruhi kondisi pemain.

"Kami melakukan pemusatan latihan di tempat sejuk (Turki), tetapi ke Singapura jadi panas. Itu membuat kondisi pemain menjadi turun, jadi ada bagian yang harus saya perbaiki ke depannya," tuturnya.

Shin Tae-yong juga mengakui adanya masalah di sektor pertahanan tim asuhannya. Ia akan membenahi persoalan tersebut sebelum melakoni laga kedua kontra Laos, Ahad 12 Desember 2021.

"Untuk pertandingan berikutnya pastinya akan saya perbaiki masalah bertahan ini. Beberapa pemain seperti Elkan (Baggott) juga akan bergabung, jadi pasti bisa diperbaiki ke depannya," ungkapnya.

Kemenangan atas Kamboja membuat Indonesia menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup B. Tim Merah-Putih tertinggal tiga poin dari Malaysia di posisi pertama, dan unggul selisih gol dari Vietnam di tempat ketiga.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini