Cerita Striker Anyar Persib Bikin Penasaran Raksasa Korea hingga Kirim 'Mata-mata' ke Indonesia

Cerita Striker Anyar Persib Bikin Penasaran Raksasa Korea hingga Kirim 'Mata-mata' ke Indonesia Logo Persib. (Republik Bobotoh/Adam Husein)

REPUBLIK BOBOTOH - Persib Bandung tengah menantikan kedatangan dua bomber anyar asal Brasil, David Aparecido da Silva dan Bruno Cantanhede.

David Da Silva dan Bruno Cantanhede memiliki profil karier yang cukup mentereng untuk ukuran pemain asing di Indonesia.

Apalagi David Da Silva juga berpengalaman main di Indonesia bersama Persebaya Surabaya dan jumlah golnya selalu dua digit, kecuali di Liga 1 musim 2020 karena dihentikan di tengah jalan.

Pada musim pertamanya di Liga 1 musim 2018 bersama Persebaya, David Da Silva mencetak 20 gol, salah satunya ke gawang Persib Bandung.

Prestasi David Da Silva di Indonesia membuatnya menarik perhatian salah satu klub papan atas Korea Selatan, Pohang Steelers yang kemudian merekrutnya jelang Liga Korea Selatan atau K-League 2019.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Bahkan, ada cerita menarik di balik proses perekrutan David Da Silva oleh Pohang Steelers. Sebab juara tiga kali Liga Champions Asia itu, nekat mengirim 'mata-mata' untuk melihat langsung penampilan David Da Silva di Indonesia.

Dikutip dari laporan media Korea Selatan, Yonhap News Agency (YNA) pada 9 Januari 2019, salah satu pertimbangan Pohang Steelers mendatangkan David Da Silva karena sang pemain menunjukkan kualitas yang baik sebagai striker di Liga Indonesia.

Selain itu, David Da Silva juga memiliki pengalaman cukup baik ketika bermain di sejumlah kompetisi di negara Asia lain seperti di Oman dan Kuwait. Dia juga sempat singgah ke Arab Saudi dan Qatar.

"Pohang Steelers mengatakan Rabu (9 Januari 2019) mereka telah merekrut striker Brasil David Aparecido da Silva dari klub Indonesia Persebaya Surabaya." tulis YNA.

Dalam laporannya, YNA juga menyebut Pohang Steelers dalam perekrutan David Da Silva sebelumnya melakukan scouting dengan mengirim mantan pelatih fisiknya, Irwing De Freitas untuk memantau langsung permainan striker kelahiran 12 November 1989 tersebut bersama Persebaya di Liga 1 musim 2018.

"Pohang mengatakan mereka memperoleh David mengikuti rekomendasi dari mantan pelatih fisik mereka Irwing De Freitas." tulis YNA.

"Menurut klub, Irwing menghubungi pelatih kepala Pohang Choi Soon-ho, dan manajer Korea Selatan itu saat pergi ke Indonesia pada akhir November untuk menonton penampilan David."

"David mencetak 20 gol dalam 23 pertandingan di Liga Indonesia dan menempati urutan kedua top skor. Pohang mengatakan, (David Da Silva) memiliki sentuhan mencetak gol yang bagus dan tembakan yang kuat."

"David telah menjalankan tugas di berbagai negara termasuk Malta, Irlandia, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Kuwait, Qatar dan Jepang." tulis YNA.

Sayangnya karier David Da Silva di Korea Selatan, berjalan kurang mulus dan tidak berlangsung lama karena kontraknya tak dilanjutkan, lalu memilih kembali ke Indonesia untuk gabung Persebaya di Liga 1 musim 2019.

Sebelumnya David Da Silva dan Bruno Cantanhede direkrut Persib yang tidak puas dengan penampilan Wander Luiz dan Geoffrey Castillion sepanjang putaran pertama Liga 1 musim 2021-2022.

David Da Silva dan Bruno Cantanhede dijadwalkan akan bergabung latihan dalam waktu dekat. Kedua pemain sebelumnya harus menjalani tes medis untuk memastikan tidak ada masalah serius yang bisa menghambat karier mereka di Persib.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini