Resmi, Indonesia Batal Ikut Piala AFF U-23, PSSI Ungkap Penyebabnya

Resmi, Indonesia Batal Ikut Piala AFF U-23, PSSI Ungkap Penyebabnya Pelatih timnas U23 Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada pemain pada laga uji coba melawan Tajikistan U23 di Republican Central Stadium Dushanbe.(DOK. PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Indonesia U-23 dipastikan batal mengikuti ajang Piala AFF U-23 yang berlangsung di Kamboja, 14-26 Februari mendatang.

Menurut PSSI, ada dua penyebab yang membuat Indonesia urung ikut serta dalam turnamen yang mempertemukan antar negara ASEAN tersebut.

Pertama adalah kasus Covid-19 yang melanda skuad Garuda Muda. Ada tujuh pemain yang positif covid-19 dan 1 ofisial. Tujuh pemain itu adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Baca Juga: Geger Guru SDN 032 Tilil Bandung Dibunuh Mantan Suami Di Gerbang Sekolah, Pelaku Sakit Hati Ditolak Rujuk

Faktor lainnya, Indonesia masih menunggu masa inkubasi empat pemain lainnya karena berada satu kamar dengan pemain yang positif Covid-19.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Keempat pemain tersebut adalah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Selain Covid-19, PSSI juga menyampaikan bahwa ada beberapa pemain yang mengalami cedera. Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal diketahui mengalami masalah pada kebugaran saat memperkuat klubnya masing-masing.

Indonesia U-23 juga hanya mempunyai satu orang kiper yaitu M. Riyandi. Namun, Riyandi baru saja menjalani karantina selama 10 hari. Satu kiper lainnya, yakni Cahya Supriyadi juga positif covid-19.

Melihat situasi tersebut, pelatih Shin Tae-yong mengajukan surat resmi kepada PSSI agar membatalkan keikutsertaannya di Piala AFF U-23 tahun ini.

Baca Juga: Alhamdulillah, tak Ada Korban Jiwa di Tengah Meroketnya Kasus Covid-19 di Kota Bandung

Baca Juga: Benarkah Minum Kopi Tanpa Gula Bisa Mengatasi Omicron? Begini Faktanya

PSSI pun merespon hal tersebut dan meminta maaf atas situasi dan kondisi saat ini.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera,” ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam rilisnya.

PSSI juga menyampaikan permintaan maafnya kepada Kemenpora dan semua pihak yang terlibat.

"PSSI juga meminta maaf kepada pemilik turnamen, yakni AFF dan maskapai Garuda Indonesia yang rencananya ikut mendukung perjuangan pemain dengan menyediakan pesawat untuk menerbangkan ke Phnom Penh, Kamboja," bunyi pernyataan dalam rilis PSSI.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Adam Husein | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini