Cerita Eks Bomber Persib Sulit Bernapas di Bolivia hingga Terdampar di Kasta 4 Liga Prancis

Cerita Eks Bomber Persib Sulit Bernapas di Bolivia hingga Terdampar di Kasta 4 Liga Prancis Christian Bekamenga saat menjalani latihan perdana dengan klub Prancis, FC Alberes Argeles.(lindependant.fr)

REPUBLIK BOBOTOH - Mantan penyerang Persib Bandung, Christian Bekamenga nampaknya sudah mulai memasuki senja karier di usianya yang sudah 36 tahun.

Setelah menjalani karier yang kurang mengkilap bersama klub Bolivia, Real Potosi, Bekamenga kini diketahui kembali berkarier di Prancis.

Bekamenga kini diketahui bermain di FC Alberes Argeles, klub yang bermain di Championnat de France Amateur (CFA) 2, kompetisi kasta keempat dalam level piramida Liga Prancis.

Karier Bekamenga dalam beberapa tahun terakhir memang terlihat menurun setelah sempat mencicipi kerasnya kompetisi Liga Super China bersama Liaoning Whowin FC pada tahun 2017.

Di Liga Super China, Bekamenga mendapat kesempatan menghadapi sejumlah pemain yang pernah berkarier di liga-liga top Eropa.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Salah satunya Axel Witsel, penggawa andalan timnas Belgia, seperti yang Bekamenga posting di akun Instagram pribadinya.

BACA JUGA: Pernyataan Berbeda Bos Persib soal Alasan Syafril Lestaluhu Hengkang, Kok Bisa?

BACA JUGA: Terungkap, Bukan Hanya Pemain Asia yang Akan Didatangkan Persib

Setelah menjalani karier singkat di China, Bekamenga kemudian kembali bermain di Turki bareng BB Erzurumspor dan Elazigspor pada rentang 2017 sampai 2019.

Lalu menyeberang ke Siprus pada tahun 2020, untuk membela Genclik Gucu TSK, klub sepak bola yang kental warna Turki, tetapi bermarkas di kota Nicosia, Siprus.

Karier Bekamenga kemudian berlanjut ke Bangladesh dengan membela Muktijoddha Sangsad pada tahun 2020 sampai 2021.

Tak lama berada di Bangladesh, Bekamenga mencoba peruntungan di klub Bolivia, Real Potosi.

Tetapi nasib apes dialaminya karena Bekamenga tak bisa menolong Real Potosi terdegradasi ke kasta kedua setelah kalah di babak play off dari Club Universitario de Sucre.

Kemudian pada 29 Januari 2022, Bekamenga dilaporkan resmi bergabung dengan klub kasta keempat Liga Prancis, FC Alberes Argeles. Tetapi dia dilaporkan baru gabung pada awal awal pekan kedua bulan Februari 2022.

FC Alberes Argeles menjadi klub ke-18 dalam karier sepak bola Bekamenga sejauh ini.

Dikutip dari laman lindependent.fr, Bekamenga mengaku, dia sebenarnya sempat mendapat tawaran bermain di Italia. Tetapi memilih untuk kembali ke Prancis setelah mendapat dukungan dari keluarga.

Bagi sebagian besar pemain Kamerun, Prancis ibarat rumah kedua karena secara kultur dan bahasa memiliki hubungan erat.

"Saya datang ke sini untuk menemukan kembali kesenangan. Saya melakukan riset sebelum menandatangani kontrak di sini dan filosofi pelatih yang sangat menyenangkan meyakinkan saya," jelas Bekamenga dikutip dari lindependent.fr yang dipublikasikan pada 11 Februari 2022 lalu.

Bekamenga juga menceritakan kesulitannya saat bermain di Bolivia bersama Real Potosi. Faktor kondisi geografis Bolivia yang wilayahnya memiliki kadar oksigen rendah menjadi alasan Bekamenga mengaku tak bisa maksimal bermain sepak bola di negara latin itu.

"Di Bolivia, saya tinggal di kota pertambangan, 4.000 meter di atas permukaan laut. Jadi, Argeles, di selatan, itu sangat cocok untukku. Tapi itu sangat berangin bukan?" ungkap Bekamenga.**

VIDEO

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini