Persib Bentuk Karakter Pemain Usia Dini via Festival Academy Persib League

Persib Bentuk Karakter Pemain Usia Dini via Festival Academy Persib League Dua pemain Persib, Beckham Putra dan Arsan Makarin hadir di tengah peserta Persib Academy League. (Republik Bobotoh/Adam Husein)

REPUBLIK BOBOTOH - Persib terus menunjukkan komitmen berperan aktif untuk turut membangun sepak bola Indonesia yang lebih maju dengan menggelar Festival Persib Academy League.

Festival sepak bola yang dilaksanakan Persib ini digelar di Lapangan Soccer Republic, Bandung, 11-12 Mei 2022. Melalui event tersebut, Persib memiliki misi untuk membentuk karakter pesepakbola sejak usia dini. Karakter yang berbudi luhur dan berkemampuan melalui Akademi dan Diklat Persib.

Festival Persib Academy League merupakan kegiatan yang sudah digelar selama 3 tahun. Tujuan utamanya memang tidak mencari pemenang ataupun juara, melainkan sebatas memberikan kesempatan bermain kepada anak-anak usia di bawah 10 dan 12 tahun untuk menjalin tali persahabatan dan bersenang-senang dengan teman sebayanya.

Festival Persib Academy League semakin meriah dengan keterlibatan sejumlah penggawa Persib. Di antaranya Beckham Putra, Ferdiansyah, Kakang Rudianto dan Arsan Makarin. Tak jarang para peserta di ajang tersebut mendatangi keempatnya hanya untuk sekadar menyapa dan foto bareng.

BACA JUGA: Rekap Transfer Persib setelah Kepergian Gelandang Muda Berbakat


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


BACA JUGA: Soal Keikutsertaan Persib di Piala Presiden, Begini Jawaban Direktur PT PBB

"Kita di sini tak mencari juara tidak ada juara 1 atau 2, kita di sini menanamkan prinsip dasar dari grassroots tidak ada yang dikejar. Seperti juara 1 atau 2, menang, di sini biar anak-anak enjoy, fokus dalam mengembangkan bakatnya. Jadi di sini kita hanya memberikan awarding atas apresiasi atas performa di lapangan," ujar Sekretaris Akademi Persib, Ridwan Firdaus pada Kamis, 12 Mei 2022.

Festival Persib Academy League 2022 diikuti hanya oleh cabang-cabang Akademi Persib dari berbagai daerah yang mayoritasnya berasal dari kota maupun kabupaten di Provinsi Jawa Barat.

Dalam ajang tersebut, Persib juga tetap memperhatikan dengan setiap individu potensial yang muncul. Dengan demikian terdapat 11 kategori penghargaan yang bisa dibawa pulang oleh peserta baik secara individu maupun kolektif.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ridwan menjelaskan bahwa pemberian penghargaan dalam kegiatan ini semata-mata sebagai apresiasi atas penampilan yang telah diberikan dan untuk mengenalkan nilai-nilai sportivitas kepada anak-anak. Dari hal itu diharapkan nilai kompetitif mulai tumbuh saat anak-anak menginjak usia 13 tahun.

"Di sini kita ada beberapa kategori yang pertama untuk individu dan tim.untuk individu kita berikan best player, best gol, best keeper, best defender, best midfielder, best atacker, ada juga best coaches," jelasnya.

"Untuk tim ada 3 kategori fair play team bagaimana setiap tim disini menjunjung tinggi nilai nilai sportivitas, fairplay dalam sepak bola. Lalu ada favorite team dimana penonton disini orang tua, penonton, pemain, pelatih dan semua bisa menilai semua favorite team, siapa yabg paling favorit di tim 10 sampai 12 tahun. Yang terkahi ada best team, pemenangnya kit cari dari performa team pada saat pertandingan, ada berapa gol yang dicetak, berapa kemenangan yabg diraih, akan menuntun jadi best team," kata Ridwan.

Lebih lanjut, Ridwan berharap Akademi Persib bisa terus berkembang menjadi salah satu wadah untuk membina anak-anak dan menjaring potensi-potensi yang terkandung di dalamnya. Karena sudah menjadi misi bagi Akademi Persib untuk bisa berkontribusi terhadap tim senior yang berlaga di Liga 1 dan Tim Nasional Indonesia.

“Ini juga sebagai bank data dari kita dari usia dini , jadi kita punya bank data dari 10, 12, 14 sampai ke 18 sehingga nanti kita mencari pemain dari tim elite pro academy Persib, kita sudah punya data tersehut dan tinggal memanggil pemain yang bersangkutan," tutupnya.

Berikut 11 penghargaan (awarding) untuk individual maupun kolektif yang diberikan berdasarkan penilai dari team scouting Akademi Persib:

Best Team KU12 : AP Bandung1

Favorite Team KU12 : AP Cimahi 1

Fairplay Team KU12 : Purwakarta

Top Scorer KU12 : Faiz (AP Bekasi)

Best Player KU12 : Abdiel (AP Cimahi)

Best Goalkeeper KU12 : Izal (AP Bogor)

Best Defender KU12 : Ksatria (AP Cimahi)

Best Midfielder KU12 : Putra (AP Cimahi)

Best Attacker KU12 : Ramza (Cikarang)

Best Coach KU12 : AP Bandung 1

Best Team KU10 : Karawang

Favorite Team KU10 : Bogor

Fairplay Team KU10 : Cimahi

Top Scorer KU10 : Dico (AP Karawang)

Best Player KU10 : Arxavi (AP Karawang)

Best Goalkeeper KU10 : Baihaqi (AP Cimahi)

Best Defender KU10 : Aqil (AP Karawang)

Best Midfielder KU10 : Hisyam (AP Bogor)

Best Attacker KU10 : Celo (AP Bekasi)

Best Coach KU10 : AP Karawang.**

VIDEO

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini