Turnamen Pramusim 2022 Jadi Ajang Kampanye Ibu Kota Indonesia yang Baru

Turnamen Pramusim 2022 Jadi Ajang Kampanye Ibu Kota Indonesia yang Baru Petugas dari PT LIB saat melakukan inspeksi di Stadion Segiri, Samarinda. (LIB)

REPUBLIK BOBOTOH - Turnamen pramusim 2022 siap digelar PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada pertengahan Juni sampai Juli 2022 mendatang.

Empat kota ditunjuk jadi tuan rumah penyelenggaraan turnamen pramusim 2022. Yakni Solo, Samarinda, Bandung, dan Malang.

Persis Solo, Borneo FC, Persib, dan Arema jadi tuan rumah di masing-masing kota untuk menggelar babak penyisihan grup.

Khusus untuk Samarinda, penunjukan Borneo FC jadi tuan rumah, juga dalam rangka mengampanyekan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang baru di wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Baca Juga : Persib Tuan Rumah Turnamen Pramusim 2022: Ini Daftar Klub Peserta, Hasil Drawing, Jadwal, dan Formatnya


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Hal itu disampaikan Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno saat drawing pembagian grup turnamen pramusim 2022 di Bandung, Minggu 29 Mei 2022.

"Tuan rumah di Borneo FC sekaligus kami juga mengampanyekan melalui sepak bola ibu kota nusantara," kata Sudjarno seperti dipantau dari siaran langsung drawing di kanal YouTube PT LIB, Minggu 29 Mei.

Turnamen pramusim 2022 yang digelar PSSI dan PT LIB ini belum ditentukan titel atau nama turnamennya meski sempat santer dikabarkan bakal kembali mengusung nama Piala Presiden.

Empat kota ditunjuk jadi penyelenggara yakni Solo, Samarinda, Bandung dan Malang dan empat tim di kota tersebut yakni Persis, Borneo FC, Persib, dan Arema akan bertindak jadi tuan rumah di kotanya masing-masing.

Baca Juga : Piala Presiden 2022: Tim Promosi Adu Gengsi dan Format Pertandingan

Namun belum diketahui pasti stadion yang akan dipakai untuk menggelar pertandingan babak penyisihan turnamen pramusim 2022.

Hanya saja kemungkinan besar Stadion Manahan (Solo), Stadion Segiri (Samarinda), Stadion GBLA atau Stadion si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Kanjuruhan (Malang) yang akan jadi venue laga penyisihan.

Sebanyak 18 klub peserta berpartisipasi di turnamen pramusim 2022, yang seluruhnya merupakan kontestan Liga 1 musim 2022-2023.

Sementara untuk format turnamen masing-masing pada babak grup akan menerapkan round robin atau saling bertemu di antara masing-masing tim penghuni grup dan total akan memainkan 32 pertandingan yang digelar mulai 11 hingga 28 Juni.

Kemudian di babak delapan besar akan digelar pada 1 dan 2 Juli dan akan dimainkan dalam format single match.

Untuk laga semifinal akan digelar dengan format dua leg pada 6 dan 10 Juli. Lalu, final juga berlangsung 2 leg atau home and away yang rencananya dihelat pada 14 dan 17 Juli.

Baca Juga : Persib di Grup Neraka Bersama Bali United dan Persebaya, Ini Hasil Lengkap Pembagian Grup Piala Presiden 2022

Di Grup A yang berlangsung di Solo dihuni Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita, PSS Sleman.

Grup B yang digelar di Samarinda melibatkan tuan rumah Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Cilegon FC, Madura United.

Lalu Persib yang jadi tuan rumah penyisihan Grup C, akan berjibaku lawan Bhayangkara FC, Bali United, dan Persebaya.

Sedangkan Grup D di Malang mempertemukan Arema FC, Persikabo, PSM Makassar dan Persik Kediri.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini