Pernyataan Sikap Viking Persib Club Atas Peristiwa Maut di Stadion GBLA

Pernyataan Sikap Viking Persib Club Atas Peristiwa Maut di Stadion GBLA Suporter menyalakan flare di laga Timnas Indonesia vs Bangladesh. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Salah satu organisasi suporter Persib atau bobotoh, Viking Persib Club (VPC) menyampaikan sikap dan rekomendasi kepada panitia penyelenggara Piala Presiden 2022 di Bandung.

Seperti disampaikan Bidang Organisasi dan Keanggotaan Viking Persib Club, Panca OctavianAda, ada 5 poin pernyataan sekaligus rekomendasi yang disampaikan VPC terkait penyelenggaraan Piala Presiden 2022 di Bandung.

Dari sejumlah poin pernyataan, adalah terkait penyaringan penonton secara berlapis agar tidak bercampur dengan penonton tanpa tiket. Juga soal perlunya perbaikan fasilitas di Stadion GBLA.

Baca Juga : Marc Klok Kunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed, Netizen: Masya Allah Akhi

Berikut poin-poin pernyataan VPC terkait penyelenggaraan pertandingan pascaperistiwa maut di Stadion GBLA yang mengakibatkan 2 orang penonton meninggal:


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


1. Sterilisasi penonton yang sudah mempunyai tiket, jadi yang berkeliaran di area stadion atau gate masuk adalah yang memiliki tiket.

2. Perbaikan traffic di stadion (in/out serta alur penonton) agar tidak terjadi penumpukan. Dimulai dari jalan raya menuju GBLA, memasuki parkiran, memasuki area stadion, sampai masuk stadion.

Baca Juga : Polisi Belum Periksa Panpel Persib Terkait Insiden Maut di GBLA, Ini Alasannya

3. Perbaikan sistem ticketing. Sistem dan hardware ticketing 100 persen online belum sinkron dan belum mendukung. Lebih baik sistem online pembeliannya, tapi ada tiket berbentuk fisiknya, juga agar tidak ada penyebaran tiket online melalui screenshot.

4. Masalah parkir, siapa yang mengelola dan bagaimana sistem perparkirannya. Seringkali parkir ditagih tiga kali yang pada akhirnya memicu keributan.

5. Kepada pengelola, fasilitas WC agar diperhatikan supaya dapat digunakan dan tidak ada yang buang air sembarangan.

Baca Juga : 2 Bobotoh Meninggal saat Laga Persib vs Persebaya, IPW: Sangat Aneh jika Penyelenggara tidak Jadi Tersangka

Dalam pernyataannya VPC juga memastikan anggotanya agar tidak datang ke stadion saat laga Persib vs Bhayangkara FC digelar pada Selasa, 21 Juni 2022.

Langkah itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas dan penghormatan kepada korban bobotoh yang meninggal dan keluarganya saat kericuhan di laga Persib vs Persebaya, Jumat 17 Juni 2022.

"Kami VIKING PERSIB CLUB tidak akan masuk atau datang ke stadion saat laga Persib vs Bhayangkara di Piala Presiden Selasa besok. Aksi ini sebagai bentuk solidaritas dan menghormati keluarga almarhum Sopiana Yusup dan Ahmad Solihin." tulis VPC dalam pernyataan resmi yang diterima media, Minggu 19 Juni 2022.

Baca Juga : 2 Bobotoh Meninggal saat Laga Persib vs Persebaya, IPW: Sangat Aneh jika Penyelenggara tidak Jadi Tersangka

VPC juga berharap penyelenggara tidak memaksakan menggelar pertandingan di Stadion GBLA yang secara fasilitas, kapasitas dan infrastruktur pendukung lainnya, termasuk kondisi lingkungan di sekitar stadion dinilai tidak mendukung.

"Harapan kami kalau GBLA tidak memungkinkan secara kapasitas, fasilitas, infrastruktur dan lingkungan sekitarnya tidak mendukung, lebih baik di pindah saja, sembari menunggu perbaikan atau renovasi bangunan gbla menjadi layak, aman dan nyaman digunakan."

"Lalu untuk lanjutan Piala Presiden bisa dipindahkan ke stadion terdekat yakni SJH (Stadion si Jalak Harupat) atau daerah mana pun di Jabar yang memiliki lapangan sesuai standar liga," tutup VPC dalam pernyataannya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini