Begini Hitung-hitungan Peluang Persib Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2022

Begini Hitung-hitungan Peluang Persib Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2022 Selebrasi striker Persib, David Da Silva setelah membobol gawang Bali United. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Bali United FC membuat persaingan di Grup C Piala Presiden 2022 tetap panas setelah meraih kemenangan atas Persebaya.

Serdadu Tridatu, julukan Bali United, menang dengan skor 1-0 atas Persebaya dalam laga yang digelar di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin malam 20 Juni 2022.

Satu-satunya gol kemenangan Bali United diciptakan Ramdani Lestaluhu pada menit 53 memaksimalkan bola yang diteruskan Jajang Mulyana setelah menyambut umpan sepak pojok Eber Bessa.

Baca Juga : Hasil Piala Presiden 2022 Bali United vs Persebaya, Serdadu Tridatu Jaga Asa

Di sisa pertandingan, Persebaya sebenarnya mendapatkan banyak peluang untuk mencetak gol seperti melalui tembakan Ahmad Nufiandani dan Silvio Rodrigues, tetapi gagal dimaksimalkan jadi gol.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Kemenangan ini membuat Bali United menjaga asa lolos ke perempat final Piala Presiden 2022, dengan catatan Persib kalah dengan selisih skor lebih dari 2 gol dari Bhayangkara FC.

Pertandingan Persib lawan Bhayangkara FC sendiri akan digelar di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 21 Juni 2022.

Jika kondisinya Persib yang menang, maka Maung Bandung dan Bhayangkara FC yang lolos ke perempat final. Sebab Bhayangkara FC unggu head to head atas Bali United.

Tetapi andai poin Persib dan Bali United sama di akhir klasemen Grup C, maka aturan yang digunakan untuk menentukan peringkat kedua tim adalah selisih gol.

Persib sedikit diuntungkan karena saat ini sudah mencetak 4 gol dan kebobolan 2 gol, serta hanya butuh hasil imbang saat lawan Bhayangkara FC.

Baca Juga : 2 Pemain Persib Lanjutkan Program Bersama Timnas Indonesia U-19

Bahkan jika Persib kalah sekali pun dengan selisih skor 2 gol (0-2, 1-3, 2-4, 3-5 dan seterusnya), Maung Bandung masih aman karena unggul dalam jumlah gol memasukkan.

Artinya Persib tidak boleh kalah dari Bhayangkara FC dengan selisih lebih dari 2 gol. Meraih kemenangan atau hasil imbang tentunya lebih aman.

Sementara selisih gol Bali United saat ini adalah memasukkan 3 gol dan kemasukkan 3 gol serta secara nilai fair play pun kalah dari Persib akibat sudah menerima 15 kartu kuning, termasuk satu kartu merah tak langsung.

Sedangkan Persib sejauh ini, sampai laga lawan Persebaya sudah menerima enam kartu kuning, dan tak mendapatkan satu pun kartu merah.

Baca Juga : Daftar 8 Pemain Persib yang Absen Lawan Bhayangkara FC, 3 Tanda Tanya

Berikut hitung-hitungan peluang Persib lolos ke perempat final Piala Presiden 2022.

1. Persib menang atas Bhayangkara FC berapa pun skornya.

2. Persib imbang lawan Bhayangkara FC.

3. Persib kalah dengan selisih skor 1 gol (0-1, 1-2, 2-3, 3-4 dan seterusnya)

4. Persib kalah dengan selisih skor 2 gol (0-2, 1-3, 2-4, 3-5 dan seterusnya)

Baca Juga : Persib vs Bhayangkara FC Tanpa Penonton, Umuh: Kita Cari Jalan Terbaik

Berdasarkan regulasi Piala Presiden 2022 penentuan peringkat di babak grup seperti diatur di Pasal 5 tentang Sistem Pertandingan, adalah sebagai berikut:

Penentuan peringkat di setiap grup ditentukan sebagai berikut:

(1) jumlah nilai yang diperoleh klub dari hasil pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan;

(2) apabila terdapat dua klub atau lebih memiliki jumlah nilai yang sama, maka penentuan peringkat ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria dan urutan sebagai berikut:

(a) head-to-head dengan urutan kriteria:

(i) jumlah nilai yang lebih tinggi didapat masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama;

(ii) selisih gol yang lebih baik dari masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama;

(iii) jumlah gol memasukkan masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara Klub-klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama;

Jika prosedur head-to-head ini tidak dapat menetapkan peringkat bagi tim yang memiliki jumlah poin yang sama, maka berlaku tiebreaker, yakni diberlakukan kembali prosedur (i) sampai (iii) di atas, khusus untuk tim yang memiliki jumlah poin yang sama. Jika tie-breaker ini pun tidak bisa menetapkan peringkat karena masih memiliki hasil yang sama, maka semua perhitungan yang terjadi dari hasil prosedur head-to-head dan tie-breaker tersebut ditiadakan dan dikembalikan ke posisi sebelum prosedur head-tohead dijalankan, selanjutnya berlaku ketentuan berikut:

(b) selisih gol Klub-klub terkait dalam seluruh pertandingan yang telah dimainkan di grup tersebut;

(c) jumlah gol memasukkan dari masing-masing klub dalam seluruh pertandingan yang telah dimainkan di grup tersebut;

(d) nilai lebih rendah dari hasil perhitungan perolehan kartu kuning dan kartu merah dalam seluruh perrtandingan di grup tersebut (sesuai dengan Lampiran 1 Penentuan Peringkat Fair Play);

(e) undian.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini