Kisah Daisuke Sato di Eropa hingga Sikap Tegarnya Menuai Simpati dan Hormat dari Rakyat Filipina

Kisah Daisuke Sato di Eropa hingga Sikap Tegarnya Menuai Simpati dan Hormat dari Rakyat Filipina Daisuke Sato. (Instagram/@daisukesato11)

REPUBLIK BOBOTOH - Daisuke Sato jadi sosok yang penampilannya dinantikan bobotoh setelah Persib Bandung merekrut anggota Timnas Filipina itu pada awal bulan Juni 2022.

Daisuka Sato melengkapi komposisi pemain asing Persib yang bersiap menghadapi Liga 1 musim 2022-2023, setelah Nick Kuipers, David Da Silva dan Ciro Alves.

Kedatangan Daisuke Sato membuat sektor kiri Persib dipercayaya bakal kembali solid setelah ditinggalkan Ardi Idrus yang memilih menyeberang ke Bali United.

Soal posisi dan peran bermain Daisuke Sato di Persib seperti apa, tentu menarik ditunggu.

Baca Juga : Piala Presiden 2022: Dewa United Berambisi Permalukan Persis Solo di Depan Pasoepati


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Meski posisi natural Daisuke Sato adalah bek sayap kiri, tetapi dia juga memiliki atribut kemampuan untuk menjadi winger.

Yang pasti dengan Persib berharap banyak kepada Daisuke Sato, bukan sekadar karena kemampuan, tetapi pengalamannya yang membuat mental pemain berusia 27 tahun bisa dibilang sudah teruji.

Lahir di Filipina, Daisuke Sato besar dan mengasah kemampuan bermain sepak bolanya sejak kecil di Jepang.

Di level junior Daisuke Sato sempat dididik salah satu klub ternama Jepang, Urawa Reds Diamonds.

Tetapi Daisuke Sato memilih untuk memulai karier senior di negara kelahirannya, Filipina pada tahun 2014 bersama Global FC.

Baca Juga : Jadwal Siaran Langsung TV Laga Timnas Indonesia di Piala AFF U-19

Pada 2016, di usia yang terbilang masih muda, 22 tahun, Daisuke Sato memutuskan pergi ke Eropa untuk mewujudkan impiannya yang lebih besar.

Rumania jadi pilihan karier Daisuke Sato di Eropa dan gabung dengan Clubul Sportiv Municipal Stunetesc (CSMS) Iasi, dikenal juga dengan nama Politehnica Iasi.

“Saya telah melakukan semua yang saya bisa untuk klub. Dan bagi saya, sekaranglah saatnya untuk pergi dan melangkah ke tahap selanjutnya,” ungkap Daisuke Sato saat memutuskan pergi ke Eropa seperti dikutip dari laporan media Filipina, Spin pada 12 Juli 2016.

Selama kurang lebih 4 tahun, Daisuke Sato meniti karier di Eropa. Selain bersama CSMS Iasi, dia juga sempat berkarier di Denmark bareng AC Horsens dan balik lagi ke Rumania dengan Sepsi OSK.

Tahun 2019, Daisuke Sato memutuskan kembali ke Asia dan bermain untuk klub Thailand, Muangthong United pada periode 2019 sampai 2021.

Baca Juga : Update Transfer Liga 1: Jebolan Boca Juniors dan Eks Striker Juara Belgia Datang

Lantas pindah ke Suphanburi pada bulan Juli 2021 dan hanya menjalani karier selama beberapa bulan sebelum pindah ke Ratchanburi FC.

Tahun 2021 sendiri menjadi tahun yang berat untuk Daisuke Sato, karena dia harus kehilangan sang ayah, beberapa hari sebelum Timnas Filipina tampil di Piala AFF 2020 yang digelar pada bulan Desember 2021 di Singapura.

"Ini adalah salah satu hari terberat dalam hidup saya sejak ayah saya meninggal. Saya akan selalu membawa namanya dengan bangga di punggung saya dengan hormat," kata Daisuke Sato dikutip dari laporan media Filipina, Tiebreaker Times pada 3 Desember 2021.

Baca Juga : Jadwal Piala Presiden 24-28 Juni 2022, Mencari Lawan Persib di Perempat Final

Alih-alih mundur dari skuad Timnas Filipina, Daisuke Sato tetap menyatakan diri untuk membela The Azkals di Piala AFF.

Sikapnya itu memicu simpati dan penghormatan dari rakyat Filipina, khususnya para penggemar sepak bola di sana, termasuk Presiden Federasi Sepak Bola Filipina (PFF), Mariano Nonong Araneta.

"Saya ingin menyampaikan belasungkawa saya kepada Sato yang telah kehilangan ayahnya beberapa hari yang lalu, tetapi sekarang dia berada di Singapura untuk mewakili negara itu," kata Araneta saat itu.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini