Pernyataan Resmi PSSI Terkait Tampilnya Timnas Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia

Pernyataan Resmi PSSI Terkait Tampilnya Timnas Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia Ilusrasi logo PSSI.

REPUBLIK BOBOTOH - Lolosnya Israel ke putaran final Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang digelar di Indonesia memicu perdebatan.

Timnas Israel U-19 memastikan lolos ke Piala Dunia U-20 tahun 2023 setelah lolos ke semifinal Euro U-19 tahun 2022 yang berlangsung di Slovakia.

Israel menempati peringkat kedua Grup B di bawah Inggris dan akan berhadapan dengan Prancis di semifinal Euro U-19 pada Selasa malam, 28 Juni 2022, waktu setempat.

Polemik timbul karena selama ini, Indonesia tak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel sebagai wujud dukungan terhadap rakyat Palestina yang dijajah negara zionis itu.

Baca Juga : Rachmat Irianto Siap Gantikan Peran Victor Igbonefo


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Menyikapi perdebatan yang terjadi, PSSI menyampaikan pernyataan resmi yang dipublikasikan melalui situs resmi federasi pada Senin, 27 Juni 2022.

Sekjen PSSI Yunus Nusi menegaskan semua negara berhak bermain di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia jika mereka memang dipastikan lolos.

"Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement pemerintah tahun lalu. Siapa pun yang lolos bisa datang," ujarnya.

"Israel tetap kami akomodasi. Itu adalah keputusan terakhir kami di rapat dengan pemerintah pada tahun lalu menyangkut Israel."

Baca Juga : Pesan Bejo Sugiantoro Pada Rachmat Irianto Setelah Berjersey Persib

Sementara pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali juga menegaskan sudah ada jaminan bagi Israel untuk tampil di Piala Dunia U-20 di Indonesia dan kepastian ini disampaikan sebelum mereka lolos.

"Sudah kami bahas sejak 2019. Semua negara yang lolos menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023, dipersilakan untuk bermain," ujar Zainudin Amali.

"Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik. Karena itu FIFA sudah menyampaikan kepada kami, siapa pun negara yang lolos, harus bisa bertanding di Indonesia. Jadi, tidak ada masalah. Pasti pihak keamanan kita akan memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan."

Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang digelar di Indonesia rencananya akan dilaksanakan pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023 mendatang.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini