Profil Salah Satu Stadion Piala Dunia 2022, Al Janoub Stadium yang Sempat Mengundang Kontroversi

Profil Salah Satu Stadion Piala Dunia 2022, Al Janoub Stadium yang Sempat Mengundang Kontroversi Stadion Piala Dunia 2022 Qatar: Al Janoub Stadium. (qatar2022.qa)

REPUBLIK BOBOTOH - Dari delapan stadion yang didaftarkan Qatar untuk jadi stadion resmi Piala Dunia 2022, Al Janoub Stadium adalah salah satunya. Lokasinya berada paling selatan dibandingkan tujuh stadion lainnya.

Al Janoub Stadium jadi stadion kedua tercepat yang selesai dibangun untuk menyambut Piala Dunia 2022. Stadion ini dapat menampung sampai dengan 40.000 orang.

Pembangunan stadion ini pengerjaannya mulai berjalan seriusdi tahun 2016. Sempat molor diawal pengerjaannya, tetapi penyelesaiannya juga. Sempat dijadwalkan tuntas pada tahun 2018, ternyata baru bisa digunakan pada tahun 2019.

Al Janoub Stadium juga sempat menuai kontroversi, yakni dari desain stadion yang dirilis Zaha Hadid Architechts sebagai perusahaan yang memenangkan tender pembangunan stadion itu.

Desain awalnya dianggap menyerupai bagian vital perempuan, bahkan media barat menjulukinya sebagai 'vagina stadium'.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Eksterior atap yang bergelombang secara simetris dengan lubang yang terbuka di bagian tengah jadi alasan julukan itu disematkan. Namun, sang arsitek bernama Zaha Hadid membantah anggapan tersebut.

Menurutnya, desain yang digunakan untuk stadion ini terinspirasi dari perahu tradisional bernama Dhow. Perahu ini digunakan oleh mayoritas masyarakat kota Al Wakrah yang pergi mencari ikan dan mutiara di Laut Merah.

Al Janoub Stadium diharapkan dapat mengingatkan sejarah peradaban Al Wakrah yang tidak lepas dari laut. Kota ini bahkan punya julukan sebagai 'Desa Mutiara'.

Dengan kapasitas 40.000 orang, Al Janoub Stadium dalam perjalanannya nyaris terisi penuh ketika menggelar pertandingan resmi dan penting.

Pertandingan resmi pertama adalah partai final Emir Cup 2019 antara Al Sadd vs Al-Duhail. Selanjutnya, partai final AFC Champions League 2020 antara Persepolis vs Ulsan Hyundai.

Pada Piala Dunia 2022 nanti, Al Janoub Stadium akan menggelar total tujuh pertandingan. Rinciannya adalah enam pertandingan di babak penyisihan dan satu pertandingan babak gugur 16 besar.

Jadwal Pertandingan di Al Janoub Stadium:

22 November 2022: Prancis vs Australia (Grup D)

24 November 2022: Swiss vs Kamerun (Gup G)

26 November 2022: Tunisia vs Australia (Grup D)

28 November 2022: Kamerun vs Serbia (Grup G)

30 November 202: Australia vs Denmark (Grup D)

2 Desember 2022: Ghana vs Uruguay (Grup H)

5 Desember 2022: Juara Grup E vs Runner up Grup F (Babak 16 besar).**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini