3 Kekurangan Robert Alberts di Mata Bobotoh yang Bikin Tagar #ReneOut Menggema

3 Kekurangan Robert Alberts di Mata Bobotoh yang Bikin Tagar #ReneOut Menggema Para pemain Persib lesu usai ditaklukkan Madura United di Stadion GBLA, Bandung, Sabtu 30 Juli 2022. (Kris Andieka/REPUBLIKBOBOTOH.COM)

REPUBLIK BOBOTOH - Kepercayaan bobotoh kepada pelatih Robert Rene Alberts, nampaknya mulai luntur setelah kekalahan 1-3 yang diderita Persib Bandung dari Madura United.

Persib takluk di depan ribuan bobotoh, termasuk Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, yang memberikan dukungan langsung kepada Maung Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu 30 Juli 2022.

Setelah kekalahan tersebut, banyak bobotoh menunjukkan respons tidak percaya lagi kepada pelatih berusia 68 tahun tersebut hingga kalimat ataupun tagar #ReneOut menggema di jagat media sosial.

Setidaknya ada tiga hal yang disorot bobotoh sebagai kekuarangan dari Robert Alberts seperti diungkapkan dalam kolom komentar dalam postingan akun Instagram @republikbobotohcom yang diunggah setelah pertandingan.

Baca Juga : Janji Perbaiki Performa Persib Bandung, Robert Albert Ditantang Laga Berat

Berikut 3 dari beberapa kekurangan Robert Alberts menurut bobotoh:

1. Miskin Taktik

Paling disorot oleh bobotoh dari Robert Alberts adalah soal kemampuannya dalam merumuskan taktik dan strategi untuk membuat Persib tampil lebih 'adaptif' karena kondisi lawan tentu berbeda-beda.

Sejak lama, Robert Alberts sebenarnya dinilai minim taktik, tak sedikit yang menilai eks pelatih Arema dan PSM Makassar itu terlalu terpaku pada skema 4-3-3 yang menjadi dasar kebanyakan pelatih dan tim di Belanda.

Bobotoh sepertinya ingin melihat Robert lebih berani dan kaya akan taktik saat tim berada dalam posisi mentok menerobos pertahanan lawan.

Bagi bobotoh seberapa bagus materi pemain yang dimiliki Persib, jika juru taktik dan strateginya tak bisa meracik dengan baik, tak akan menghasilkan kualitas permainan yang baik pula.

Baca Juga : Posisi Robert Alberts Konon Akan Tergeser? Ini Sosok yang Diinginkan Bobotoh Tangani Persib

"minim taktik a**." tulis akun @mhmdrflypf.

"#reneout miskin taktik." tulis akun @sahrulega_.

"Sing erk ngadatangkeun Ronaldo ge, ari pelatih na miskin taktik mah. Anger rudett lah." tulis akun @derrytzy.

"#robetout , WADUK perjalanan masih panjang,, asa kieu wae taktik teh." tulis akun @yuppy_sn.

2. Daya Tahan Fisik Pemain Persib 'Memble'


Masalah kedua yang disorot bobotoh adalah kondisi fisik pemain Persib yang dinilai tidak mampu bermain selama 90 menit penuh, hingga kerap kedodoran terutama saat memasuki babak kedua.

Robert Alberts sebagai pemimpin di jajaran pelatih idealnya memiliki kewenangan dan bertindak lebih tegas kepada asistennya, terutama pelatih fisik untuk memiliki program lebih baik dalam memoles kebugaran fisik pemain.

"Menit 65 ke atas... Pemain udah loyo???????????? goal madura d menit2 rawan buat persib." tulis akun @achmyzadoel.

"Nggs kabaca pasti babak dua leles (kelelahan)." tulis akun @mhmmdrfda.

Baca Juga : PODKESAN Gilang Angga: Awalnya Striker Hebat Digeser Jadi Winger

3. Telat Membaca Situasi

Kekurangan ketiga yang dinilai sejumlah bobotoh dari Robert Alberts adalah kemampuannya dalam membaca situasi dan keadaan di lapangan saat pertandingan berjalan.

Robert Alberts dinilai bobotoh tak jarang telat melakukan pergantian pemain, seperti saat melawan Madura United.

Tak sedikit bobotoh yang menyoroti keputusan Robert Alberts yang tetap mempertahankan Erwin Ramdani dan Bayu Fiqri di sisi kanan yang sepanjang laga seperti jadi santapan empuk para pemain Madura United.

Kedua pemain tersebut memang akhirnya diganti, tetapi dinilai terlambat karena Persib sudah dalam posisi tertinggal.

"EMANG HARUS #RENEOUT KAKANG LAGI PERFORM MALAH BAYU YANG DARI MUSIM KEMARIN MAIN NYA GITU2 AJA. ERWIN YANG SELALU TERLALU SEMANGAT DIMAININ TERUS SEMENTARA ARSAN YANG LAGI TOP PERFORM DISIMPEN TERUS MEMANG PELATIH B***." tulis akun @_christ19.

Baca Juga : Dipermalukan Madura United, Unggahan Persib Bikin Bobotoh Gerah

"Butut, telat ngabusken pemain wae si abah mah." tulis akun @ginanjarhendrians.

Di pertandingan selanjutnya Persib akan tandang ke markas Borneo FC, Stadion Segiri, Samarinda pada Minggu 7 Agustus 2022 mendatang.

Menarik dinanti seberapa efesien hasil evaluasi yang dilakukan jajaran pelatih Persib, terlebih beberapa pemain pilar yang absen diperkirakan bakal siap dimainkan.**

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini

Hasil dan Skor Sementara PSS vs Persib