Mantan Bek Persib Jawab Dugaan Shin Tae-yong Ditekan Bela Iwan Bule, Begini Katanya

Mantan Bek Persib Jawab Dugaan Shin Tae-yong Ditekan Bela Iwan Bule, Begini Katanya Mochamad Iriawan bersama Shin Tae-yong. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Publik sepak bola Indonesia dikejutkan pernyataan Shin Tae-yong yang mengancam bakal mundur dari posisi pelatih Tim Nasional Sepak Bola Indonesia di tengah desakan mundur kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Itu disampaikan Shin Tae-yong melalui postingan di akun Instagram-nya pada Rabu 12 Oktober 2022, hingga membuat pelatih asal Korea Selatan itu, jadi trending topic di media sosial Twitter.

Alih-alih mendapatkan simpati, justru banyak netizen yang mempersilakan Shin Tae-yong pergi jika memang ingin mundur untuk membela Mochamad Iriawan yang tengah jadi sorotan pascatragedi di Stadion Kanjuruhan.

Alasannya sisi kemanusiaan lebih penting ketimbang urusan PSSI dan Timnas Indonesia. Banyak yang berpandangan, Indonesia masih bisa bekerja sama dengan pelatih lain yang sebaik Shin Tae-yong secara kualitas untuk membangun tim nasional.

Baca Juga : Tunggu Rampungnya Standar Keamanan, Menpora: Liga 1 Dalam Waktu Dekat


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Ada juga yang tidak percaya itu murni ungkapan dari eks pelatih Timnas Korsel tersebut. Seban tak sedikit yang mencurigai pernyataan Shin Tae-yong dipengaruhi oleh Iwan Bule, sapaan Mochamad Iriawan.

Mengenai itu, asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto memastikan Shin Tae-yong tidak sedang dalam posisi tertekan ketika menyampaikan pernyataannya di Instagram. Hal tersebut disampaikan eks bek Persib Bandung tersebut di akun Instagramnya.

"Kami anggota tim nasional turut berduka dan pastinya ikut bersedih dengan kejadian di Kanjuruhan karena kita juga punya keluarga dan pastinya nyawa di atas segalanya. Karena di saat kehilangan nyawa, mereka tidak akan bisa kembali," tulis Nova di akun Instagram miliknya.

"Statement head coach kami (STY) pastinya banyak pro dan kontra dan kami sangat bisa memahaminya tapi tanpa mengurangi rasa hormat dan melepaskan rasa kemanusiaan atas kejadian tersebut. Kami memastikan itu semua tanpa tekanan dan keluar dari hati paling dalam head coach kami," tulis Nova menambahkan.

Baca Juga : Igbonefo Sempat Alami Kendala di Awal Latihan Pasca Cedera

"Dalam konteks tim nasional, kenyataan yang terjadi di tim nasional dari semenjak saya pernah berseragam tim nasional hingga saya punya kesempatan belajar menjadi asisten tim nasional semenjak 2019 hingga sekarang. Memang saat ini semua program yang diinginkan head coach termasuk TC di luar negeri semua bisa berjalan dengan baik," kata Nova.

"Kami mengapresiasi kerja PSSI terlepas kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sangat membantu atas berjalannya TC. Walau jujur masih ada beberapa kekurangan tapi semuanya sudah berprogress ke arah yg lebih baik," ucap Nova.

"Kejadian kemarin akan menjadi tanggung jawab bersama, jadikan evaluasi dan pelajaran berharga untuk semua yang terlibat dalam sepak bola agar lebih baik dan lebih profesional," ucap Nova.

"Head coach pernah sampaikan apabila kompetisinya baik maka akan menghasilkan tim nasional yang baik," kata Nova menambahkan.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini