Upaya Mempertahankan Rekor

Upaya Mempertahankan Rekor Selebrasi para pemain Persib setelah Henhen Herdiana mencetak gol ke gawang Barito Putera. (Kris Andieka/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Pertandingan klasik yang mempertemukan Persib vs Persija yang seyogianya berlangsung 1 Oktober 2022 lalu yang tertunda akibat Tragedi Kanjuruhan, akhirnya mendapat kepastian akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api tanggal 11 Januari 2023.

Jelas ini menjadi perhatian seluruh pecinta sepak bola di tanah air karena rivalitas kedua tim selalu menjadi fokus pemberitaan di berbagai media jika keduanya bertemu. Semoga saja tak ada aral melintang dan pertandingan dapat digelar secara lancar dan mulus pada pelaksanaannya.

Tetap dengan catatan kepada para bobotoh yang menyaksikan langsung di stadion bisa menjaga diri dan tidak melakukan sesuatu yang berlebihan yang dapat membuat Persib malah nantinya mendapatkan kerugian yang bisa saja denda dan larangan bertanding.

Mengapa pernyataan ini perlu dikedepankan karena seringkali tensi tinggi dari pertandingan yang digelar selalu membuat suasana menjadi panas dan kerapkali bobotoh pun kadang terpengaruh dengan keadaan itu. Jika memang pendukung Persija alias Jakmania dilarang hadir oleh pihak Polda Jabar maka mohon dihormati agar tidak menimbulkan peristiwa yang merugikan persepak bolaan nasional.

Kembali ke soal pertandingan tentu saja Persib saat ini sedang memiliki rekor yang cukup bagus dengan Sembilan kali bertanding tanpa mengalami kekalahan. Begitupula dengan Persija tak bisa dimungkiri tim asal ibukota negara ini merupakan klub yang sedang naik daun juga trend cukup bagus setelah ditangani Thomas Doll.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Terakhir mereka mengandaskan PSS Sleman (2-0) yang tentu saja hal ini bisa menjadi modal kepercayaan diri Riko Simanjuntak dan kawan-kawan untuk bisa menghadapi tim asal Kota Bandung ini. Mereka tak ingin pulang dengan tertunduk malu hingga tak tertutup kmeungkinan mereka akan main habis-habisan dan sekuat tenaga ingin mengalahkan Persib bandung.

Thomas Doll (Jerman) dan Luis Milla (Spanyol) adalah jaminan dua pelatih jempolan yang memiliki strategi luar biasa di setiap pertandingan. Bukti sahih keduanya mampu membawa timnya menduduk posisi papan atas dan memiliki poin yang berbeda sedikit saja. Tentu saja rasa Eropa akan tersaji pada pertandingan Rabu ini.

Tentu saja pertandingan ini sangat dinantikan karena selain memiliki histori rivalitas yang cukup kuat juga akan menghadirkan perang strategi di lapangan dan bisa dipastikan pada pertandingan itu akan terjadi jual beli serangan untuk bisa membobol gawang lawan. Tentu saja, saiapa yang siap mental dalam pertandingan itu maka akan keluar sebagai pemenang walaupun hasil seri tentu saja bisa menjadi hal realitis pada pertandingan kali ini.

Rekor lima pertemuan terakhir kedua tim adalah1 Maret 2022 - Persija vs Persib (0-2) 20 november 2021 - Persib vs Persija (0-1) 28 Oktober 2019 - Persib vs Persija (2-0) 10 Juli 2019 - Persija vs Persib (1-1) 23 September 2018 - Persib vs Persija (3-2). Memang menunjukkan jika Persib sedikit unggul dibanding Persija.

Bahkan saat main di GBLA ternyata Persija tak pernah menang jika melawan persib. Namun begitu ini bukan menjadi jaminan jika Maung bandung akan mudah mengalahkan Macan kemayoran sehingga sudah dapat dipastikan pertandingan dan drama dipastikan akan menarik sejak awal sampai akhir.

Bahkan dapat dipastikan pula akan terjadi jual beli serangan karena kedua pelatih memiliki karakterristik ingin mebobl gawang lawans ebanyak-banyak. Sehingga pertnadingan yang tersaji hari Rabu ini akan menarik untuk disaksikan dan bagi mereka yang menonton di rumah saja akan dipaksa untuk terusmenerus melihat elevisi agar tidak terlewatkan momentum menarik yang akan diperagakan oleh kedua tim yang bertanding.

Tentunya bagi Luis Millajika mampu memetic kemenangan secara ideal atau target missal tak kalah dengan capaian seri maka tentu saja angka 10 ini menjadi kategori cukup luar biasa raihannya setelah menerima tampuk kepeltaihan dari Robert Rene Albert. Sungguh mampu mengatasi Persija maka berarti akan menjadi modal dasar menghadapi putara kedua Liga Indonesia I ini.

Luis Milla tahu persis dapur Persib dan paham akan karakter pemain yang dimilikinya sehingga dia akan tahu pemain mana yang akan masuk skemanya serta taktik seperti apa yang akan diterapkannya. Melihat komposisi yang ada Luis Milla takkan kesulitan mengutak-atik formasi kesukaannya karena terbukti walaupun pemain-pemain yang ada bukan pilihannya tetapi dia tahu persis seperti apa dia harus berkreasi.

Pada jendela transfer kali ini saja pelatih asal Spanyol ini tak jor-joran untuk merekrut pemainkarena memiliki lasan kuat para pemain yang ada mampu bekerja sama dengannya selama ini. Baginya jika merombak besar-besaran untuk menghadapi putaran kedua dikhawatirkan justru akan membuat terjadi perpecahan di dalam tubuh tim.

Maka tak heran jika Luis Milla disebut pelatih jempolan. Sehingga untuk menghadapi pertandingan melawan Persija sepertinya dia sudah siap dan tak ada yang perlu dirisaukan sebab beliau adalah yang tak miskin strategi. Memang pertandingan ini adalah ujian baginya mempertahankan rekor dan akan memuluskan jalan pada pertandingan selanjutnya.

Pertandingan ini jelas akan ditunggu-tunggu. Tetapi kepada Luis Milla patut mengingatkan agar paraanak asuhnya tidak terjebak oleh permainan keras dari persija atau bentuk provokasi lainnya. Ada kekhawatiran jika Maung bandung terpancing maka akan merusak ritme dan strategi permainan sepertiyang diinginkan tim lawan.

Maka dari itu jangan lupakan pula factor non teknis selain teknis karena hal ini turut pula menentukan seperti apa permainan yang nantiakan diperagakan. Semoga saja peain persib tidak terpancing dan focus pada stratgei yang mesti dijalankan sehingga akan mendapatkan hasil yangs esuai harapan.

Jelas pada pertandingan kali ini akan tersaji pertandingan menarik yang akan menguras emosi serta kita selaku bobotoh akan dibuat deg-degan karena pertandingan ini adalah pertandingan bergengsi, dan siapakah yang akan menjadi pemenangnya, Luis Milla ataukah Thomas Doll. Mari kita tunggu pertandingan tersebut tersaji di Stadion GBLA Bandung.***

Penulis: Deffy Ruspiyandy

ATTENTION: Bagi bobotoh yang suka menulis bisa mengirimkan tulisan ke email republikbobotoh@gmail.com, tulisan akan dimuat di kolom GOROWOK BOBOTOH.

CATATAN: Rubrik GOROWOK BOBOTOH memuat tulisan artikel opini dari pembaca, Redaksi REPUBLIKBOBOTOH.COM tidak bertanggung jawab atas isi tulisan yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis.

Kritik dan saran kirim ke republikbobotoh@gmail.com.

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Piksi

Berita Terkini