Update Nasib Liga 2 2022/2023, Begini Penjelasan PSSI

Update Nasib Liga 2 2022/2023, Begini Penjelasan PSSI Sekjen PSSI, Yunus Nusi. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Masa depan kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 akan ditentukan pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI oleh pengurus baru. KLB PSSI itu sendiri akan digelar pada 16 Februari 2023.

Keputusan tersebut diambil setelah pemilik klub Liga 2 bertemu dengan PSSI dan para petinggi PT LIB di Jakarta, Selasa 24 Januari 2023.

Kompetisi Liga 2 itu sendiri sudah dihentikan oleh PSSI sejak 12 Januari 2023 lalu karena beberapa faktor, salah satunya terhenti karena Tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga : David da Silva Buka-bukaan Jelang Duel Persib vs Borneo FC

"Sebagian besar kawan-kawan klub dan PT LIB menyampaikan kepada PSSI agar merekomendasikan dan menyampaikan kelanjutan Liga 2 ke KLB kepada pengurus baru," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi dikutip dari Antara.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Yunus Nusi menjelaskan, nantinya hasil rapat pemilik Liga 2 tersebut akan dibawa ke Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Nantinya, lanjut Yunus Nusi, Exco PSSI akan memberikan rekomendasi agar pengurus baru menentukan nasib kompetisi Liga 2 2022/2023.

Selain membahas Liga 2, ada beberapa poin yang akan dibahas dalam KLB diantaranya putaran nasional Liga 3 2022/2023 dan promosi-degradasi Liga 1 dan Liga 2.

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus mengatakan, mayoritas klub Liga 2 menginginkan kompetisi kembali bergulir.

Kompetisi kasta kedua tersebut diusulkan agar kembali bergulir pada 24 Februari 2023 dengan sistem gelembung atau bubble dengan lokasi di Jawa Tengah.

"Paling realisitis adalah Jawa Tengah karena jaraknya tidak terlalu jauh dan di sana ada beberapa stadion yang berpeluang digunakan sebagai venue," kata Ferry Paulus.

"Idealnya kompetisi dilaksanakan di empat sampai lima stadion, tetap dengan format tiga wilayah (barat, tengah, timur," imbuh Ferry Paulus.

Bila akhirnya kompetisi bergulir sesuai usulan, dipastikan akan ada beberapa kali penghentian jadwal pertandingan.

Hal ini dikarenakan adanya Piala Dunia U-20, bulan Ramadan, hingga prediksi kualitas lampu stadion yang belum memenuhi standar.

Baca Juga : Info Pertandingan Persib vs Borneo FC: Dari Venue Hingga Jadwal Kick Off

"Berikutnya kami melanjutkan dengan format enam besar dan berakhir pda akhir Juni atau awal Juli," pungkas Ferry Paulus.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini