Laga Persija vs Persib Batal Digelar di SUGBK, Ini Penyebabnya

Laga Persija vs Persib Batal Digelar di SUGBK, Ini Penyebabnya Kondisi SUGBK dalam perbaikan. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Laga Persija vs Persib yang dijadwalkan 31 Maret 2023 batal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Penyebabnya, kondisi rumput stadion yang menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 tersebut memprihatinkan.

Ketua Umum PSSI sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir yang mengecek langsung kesiapan SUGBK meminta kepada Direktur PPKGBK agar disiplin dalam menjaga proses persiapan, terutama kondisi lapangan karena rumput di stadion utama GBK yang memprihatinkan.

Baca Juga : Ini Pemain yang Dicari Luis Milla jika Bertahan di Persib Musim Depan

"Kami sudah melihat satu per satu kondisi di enam lapangan, dan pemerintah pusat sudah mengambil alih sebagian pekerjaan untuk pemerintah daerah."


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Khusus di Stadion Utama GBK, saya sudah bicara dengan Direktur PPKGBK apapun yang sudah dijalankan selama ini harus kita pertahankan sama-sama. Perbaikan rumput harus segera dijalankan karena kondisi yang kritikal dan memprihatinkan. Ini mega lapangan di Indonesia yang sangat penting buat kejuaraan dunia," tegas Erick Thohir dikutip dari laman PSSI.

Gara-gara hal tersebut, Erick Thohir pun meminta agar tidak ada lagi kegiatan yang digelar di SUGBK, baik enternainment ataupun olahraga.

Bahkan, PSSI pun tidak akan memakai SUGBK sebagai venue pertandingan FIFA Matchday kontra Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023.

“Tidak ada lagi event di sini, apakah event olahraga, event kesenian, tidak ada lagi karena ini sudah menjadi titik kritikal dan rumputnya memprihatinkan," ujar Erick Thohir.

"Kita tidak mau dipermalukan dalam penyelenggaraan event dunia. Saya rasa dengan pimpinan kepala daerah, Direksi SUGBK, kita pastikan solid. Apapun, kita harus pertahankan kondisi rumput terbaik untuk kejuaraan dunia yang sudah kita persiapkan selama ini,” tambahnya.

Dalam keterangan yang disampaikan PSSI, Erick Thohir pun meminta laga Persija vs Persib dibatalkan.

“Semua event kita batalkan, dan kita tidak membeda-bedakan, apakah event entertainment, olahraga, dan lainnnya," ungkapnya.

"Semua tidak dimungkinkan lagi digelar Gelora Bung Karno. Ini bukan masalah pilihan salah dan benar, tapi ini kebijakan yang harus kita ambil kalau kita tidak mau gagal, apalagi di stadion ini akan digelar pembukaan,” ucap Erick Thohir.

Sebelumnya, dalam proses pengerjaan renovasi SUGBK, stadion tersebut dipakai buat aktivitas konser.

Penyanyi kondang Tanah Air, Raisa sempat menggelar konser di sana. Yang terakhir girl band asal Korea Selatan, BLACKPINK pada akhir pekan lalu.

Baca Juga : Ditolak Persib, Pemain Ini Akhirnya Punya Klub Juga, Bobotoh Ucapkan Selamat

Meski pihak pengelola melakukan penutupan dengan karpet khusus yang didatangkan dari luar negeri, untuk melindungi rumput lapangan, tetapi stadion ini mengalami penundaaan penjadwalan untuk proses penjahitan dengan rumput sintetis demi menjaga kekuatan akar.

Jika sebelumnya SUGBK berada di urutan pertama penjahitan rumput, kini mundur ke urutan nomor empat.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini